Kupas Tuntas Harga Foto Model, Berapa Sih Sebenarnya?

Foto model saat ini menjadi primadona dalam menampilkan sebuah foto produk. Foto menjadi menarik, indah, dan konsumen bisa membayangkan produk saat dipakai. Kalau kamu baru saja membuat bisnis online, mungkin kamu akan bertanya berapa harga foto model? Tau ngga, kalau harga foto model ternyata ngga semahal yang kamu bayangkan loh.
Eldo A Pradana
Diupdate pada 10 Nov 2021
model sepatu olah raga futsal pria

Kadang terasa menakutkan bagi pemilik usaha saat mendengar kata-kata “Foto Model”. Banyak orang menilai foto produk dengan model memerlukan biaya yang sangat besar.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa biaya yang akan dikeluarkan tidak sedikit. Tapi memiliki foto yang sangat bagus, apalagi ada model yang memperagakan produk, adalah hal yang sangat penting bagi bisnis online.

Pertanyaannya, semahal itukah harga foto model? Berapa harga fotonya?

Pada artikel ini Nagari Studio akan mencoba untuk membahas se-detil mungkin bagaimana foto produk (terutama menggunakan model) bisa menjadi investasi bagi usaha Anda dan Nagari juga akan membuka berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk mendapatkan foto produk dengan model.

Baca sampai selesai dan jangan lewatkan ilmu yang akan Anda dapatkan.

Product photography (foto produk) memang tidak lengkap rasanya kalau tanpa ada model yang menggunakan. Apalagi kalau foto produknya adalah baju, tas, sepatu, jam tangan, atau kacamata.

Wah rasanya harus sewa model yang pas untuk memakai produk Anda!

Pertanyaannya berapa harga foto model? Apakah biayanya akan semahal yang Anda bayangkan?

foto model baju batik pria tampil elegan

Nah, untuk Anda yang tidak ingin order di Nagari Studio tentu saja Anda bisa membuat sesi foto model sendiri yang bisa Anda sesuaikan dengan konsep dan budget perusahaan Anda.

Atau…

… Anda bisa order foto ghost manekin! Kenapa ghost manekin?

Tapi, kalau Anda tetap ingin menggunakan foto model dan bingung bagaimana caranya serta biayanya? Teruskan baca dan Anda akan tahu semua biaya untuk membuat sesi foto model sendiri.

Baca juga: Bolehkah Foto Model Dalam Islam? Pengusaha Muslim Wajib Baca!

model sepatu olah raga futsal pria
Sesi foto model untuk Sepatu Fans

Variabel harga foto model

Ada 6 variabel utama yang akan sangat mempengaruhi harga foto model, jika Anda memutuskan untuk melakukan sendiri foto model.

  1. Harga model
  2. Biaya make up artis
  3. Biaya stylish
  4. Biaya sewa tempat
  5. Akomodasi
  6. Biaya fotografer

Sebagai catatan, harga yang ada pada tulisan ini tidak mengikat.

Tergantung pada pengalaman dan skill dari masing-masing artis. Ada yang bisa bekerja dengan harga lebih murah tapi ada juga yang memasang harga lebih tinggi.

Dengan begitu, Anda bisa menghitung sendiri berapa cost yang perlu Anda keluarkan untuk foto model

1. Harga model fotografi

Biaya model berkisar antara Rp 500.000 – Rp 900.000 per 6 jam. Model yang digunakan juga bukan model profesional karena jika Anda ingin menggunakan model profesional harga kontrak kerjasama bisa sampai jutaan hingga puluhan juta rupiah.

model pria dengan kaos polos
Foto model untuk brand kaos lokal The Panda Custom

Model yang digunakan biasanya adalah model yang baru lulus sekolah modeling atau baru menjalani program sekolah model.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan model yang tanpa ilmu modeling, biaya bisa ditekan lebih banyak lagi. Namun kekurangannya, si model akan terlihat kurang luwes di depan kamera, terlihat kaku, dan mungkin kurang enak dilihat hasil akhir fotonya.

Cantik dan ganteng tidak menjadi parameter bagus-tidaknya hasil fotografi. Tapi bagaimana luwesnya si model dalam memperagakan produk yang dibawa.

Nagari Studio

2. Biaya make up artis

Jika model melakukan foto produk baju, make up menjadi elemen yang sangat penting. Pada saat sesi foto tidak semua model memiliki kulit yang sempurna, dan untuk mendapatkan kesempurnaan itu diperlukan make up.

Make up juga diperlukan untuk mendapatkan kesepadanan warna muka dengan baju atau produk yang dipakai si model.

Biaya untuk make up artis berkisar antara Rp 500.000 – Rp 900.000. Tapi kalau Anda bisa make up, tidak ada salahnya jika Anda tuangkan skill tersebut! Siapa tahu justru Anda bisa kolaborasi dengan si fotografer dan model untuk buka jasa foto model. Nice kan!

biaya make up artis untuk kelancarana foto model

3. Biaya stylish

Stylish berfungsi untuk menyelaraskan produk, aksesoris, make up dan gaya si model. Misalnya produk yang akan difoto adalah tas, stylish akan mengarahkan warna dan jenis baju yang dipakai, aksesoris, warna make up, dan bagaimana si model harus memperagakan produk yang dibawa.

Harga stylish berkisar antara Rp 900.000 – Rp 2.500.000 per 6 jam.

Bagaimana kalau tanpa stylish? Masih bisa. Kadang dengan model dan fotografer yang berpengalaman, mereka sudah bisa mengarahkan bagaimana harus mempresentasikan sebuah produk.

Note : Majalah-majalah profesional yang sudah besar tetap membutuhkan stylish untuk mengatur jalannya proses sesi fotografi. Jadi sebenarnya stylish ini memegang peran yang sangat besar juga.

4. Biaya fotografer

fotografer pria dengan kamera background hitam

Pekerjaan fotografer adalah mengambil foto dan melakukan editing foto. Selain itu, dia juga akan mengarahkan pencahayaan sehingga foto yang diambil memiliki kualitas terbaik.

Pencahayaan?

Begini, warna produk bisa berubah kalau pencahayaan terlalu terang atau terlalu gelap. Pastinya Anda tidak mau donk jika foto produk yang aslinya warna merah tapi saat difoto warna produk berubah menjadi maroon.

Fotografer juga yang akan berkomunikasi dengan klien tentang konsep, tempat, dan kelengkapan yang lain.

Biaya jasa fotografer untuk foto produk dengan model berkisar antara Rp 3.000.000 – Rp 6.000.000 per 6 jam.

Apakah foto model untuk UKM layak?

Memang benar bahwa ekonomi Indonesia sebagian besar digerakkan oleh UKM. Dan dengan munculnya marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Zalora, Bukalapak, dll, kegiatan ekonomi UKM dan bisnis online makin menggeliat.

Faktor penjualan paling penting pada marketplace (dan penjualan online) adalah foto produk. Calon konsumen memilih untuk beli karena tertarik dengan foto produk yang Anda tampilkan, bukan dari deskripsi produk ?

Lalu apakah UKM bisa mempunyai foto produk dengan model?

Layakkah pengusaha UKM mengeluarkan sejumlah uang yang “lumayan” besar untuk mendapatkan foto produk dengan model?

BISA dan LAYAK!

Entah menggunakan jasa foto model Nagari dengan biaya Rp 100.000/produk, atau membuat sesi foto model sendiri.

Bahkan Nagari Studio berani mengatakan pengusaha UKM harus memiliki foto produk terbaik!

Perhitungan total harga foto model

contoh foto model pria dengan jumper background warna pink

Jika kita hitung dengan harga paling murah untuk semua variabel, maka kita akan mendapatkan harga untuk per 6 jam sesi fotografi sebesar :

Rp 5.500.000 per 6 jam sesi fotografi diluar biaya akomodasi seperti transportasi, makan crew, dll. Jika ditambah akomodasi bisa diasumsikan total biaya menjadi Rp 6.000.000.

Mahal? Coba kita hitung lagi.

Dengan 6 jam sesi fotografi Anda bisa dapat 20 produk. Jadi biaya foto 1 produk adalah Rp 300.000.

Biasanya 1 produk bisa dapat 3 – 7 frame, rata-rata berarti 5 frame. Nah 1 frame biayanya adalah Rp 60.000.

Dengan biaya 6 juta Anda akan mempunyai 100 frame foto model untuk promosi usaha Anda. Yap! Murah kan!

Rp 60.000/frame foto(atau Rp 12.500/foto dengan jasa foto model Nagari) sebagai biaya promosi itu murah banget! Sebuah usaha tanpa iklan/promosi hampir seperti jalan ditempat.

Nagari Studio

Kesimpulan harga foto model untuk secara bisnis

fotografer yang sedang motret model pria amatir

Dari perhitungan diatas, ternyata foto produk dengan model itu sangat murah. Apalagi biaya tersebut hanya dilakukan sekali aja selama masih menjual produk yang sama.

Efek foto produk juga luar biasa! Konsumen lebih tertarik untuk melihat produk Anda, konsumen juga tidak akan komplain karena produk berbeda dengan foto, review konsumen menjadi positif, omzet penjualan pun bisa meningkat.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published.

Our works

Portfolio Fotografi Kami

Berikut ini sebagian contoh hasil foto produk yang telah kami kerjakan.

Our beloved client

Lebih dari 631 Perusahaan Dalam Negeri Pernah Seru-Seruan dengan Jasa Fotografi Kami

logo Blibli logo honda logo Capung logo Fans logo fitcare logo icad logo love anchor logo nats logo new era logo tinka logo arden logo bonanza
Maksimalkan cara promosi Anda lebih baik lagi dengan foto produk dari Nagari Studio