fbpx
0 items - Rp0,00

Harga Foto Produk Dengan Model, Berapa Sih?

by | Last updated 18 Oct 2018 | Published on 25 May 2018 | Foto Produk

Kadang terasa menakutkan saat pemilik usaha mendengar kata-kata “Foto Model”. Banyak orang menilai foto produk dengan model memerlukan biaya yang sangat besar. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa memiliki foto yang sangat bagus, apalagi ada model yang memperagakan produk, adalah hal yang sangat penting bagi toko online. Namun semahal itukah foto produk dengan model itu? Berapa harga fotonya?

Pada artikel ini kami mencoba untuk membahas se-detil mungkin bagaimana foto produk bisa menjadi investasi usahamu dan akan membuka berapa biaya yang harus kamu keluarkan untuk mendapatkan foto produk dengan model.

Baca sampai selesai dan jangan lewatkan ilmu yang akan kamu dapatkan. 🙂

Product photography (foto produk) emang rasanya nggak lengkap kalau tanpa adanya model yang memperagakan cara penggunaan produk. Apalagi kalau foto produknya adalah baju, wuih rasanya harus sewa model yang pas untuk memakai produk bajunya! Pertanyaannya berapa harga foto produk dengan model? Jangan-jangan mahal banget.

Berbeda dengan Foto Produk Katalog, harga foto produk dengan model sangat banyak variabel penentunya. Hal itu juga jadi salah satu alasan kenapa di website Nagari Studio belum ada jasa layanan untuk foto produk dengan model. 



Nagari Studio sudah bisa melayani foto model bule dengan harga fix Rp 220.000/produk (minimal order 5 produk). Diskon harga hubungi kami ya 🙂

Kalau foto produk katalog sih Nagari Studio udah punya rumus harga yang pasti pas dikantong pengusaha. Cihui!!

Tapi bukan berarti nggak ada harga kamu nggak bisa melakukan order, tetep bisa kok cuma ya itu… hehehe.. kontak kami dulu ya. Oh ya untuk lihat beberapa hasil foto produk dengan model dari Nagari Studio:

Variabel Harga Foto Produk Dengan Model

Ada 6 variabel yang sangat mempengaruhi harga foto produk dengan model, jika kamu memutuskan untuk melakukan sendiri foto produkmu.

  1. Harga model
  2. Biaya make up artis
  3. Biaya stylish
  4. Biaya sewa tempat
  5. Akomodasi
  6. Biaya fotografer

Sebagai catatan, harga yang ada pada tulisan ini tidak mengikat. Tergantung pada pengalaman dan skill dari masing-masing artis. Ada yang bisa bekerja dengan harga lebih murah tapi ada juga yang memansang harga lebih tinggi.

Harga Model Fotografi

Biaya model berkisar antara 500 – 900 ribu rupiah per 6 jam. Model yang digunakan juga bukan model profesional karena kalau model profesional harga hire-nya bisa sampai jutaan rupiah.

Cantik dan ganteng tidak menjadi parameter bagus-tidaknya hasil fotografi. Tapi bagaimana luwesnya si model dalam memperagakan produk yang dibawa.Nagari Studio

Model yang digunakan biasanya adalah model yang baru lulus sekolah modeling atau baru menjalani program sekolah model.

Jika kamu memutuskan untuk menggunakan model yang tanpa ilmu modeling, biaya bisa ditekan lebih banyak lagi. Kekurangannya, si model akan terlihat kurang luwes didepan kamera, terlihat kaku, dan mungkin kurang enak dilihat hasil akhir fotonya.

Biaya Make Up Artis

Jika model melakukan foto produk baju, make up menjadi elemen yang sangat penting. Pada saat sesi foto tidak semua model memiliki kulit yang sempurna, dan untuk mendapatkan kesempurnaan itu diperlukan make up.

Make up juga diperlukan untuk mendapatkan kesepadanan warna muka dengan baju yang dipakai si model.

Biaya untuk make up artis berkisar antara 500 -900 ribu rupiah. Tapi kalau kamu bisa make up, nggak ada salahnya juga kalau kamu tuangkan skill kamu! Siapa tau malah kamu bisa kolaborasi dengan si fotografer dan model untuk buka jasa foto produk dengan model. Nice kan!

Rp 200ribuan udah punya foto produk dengan model?

Pesan sekarang! Dengan minimal pemesanan 5 produk, fotomu bakal lebih keren daripada saingan bisnismu!

“Biarkan kami bantu ambil foto produkmu,
sehingga kamu bisa lebih fokus pada bisnisnya”

Nagari Studio memberikan garansi foto ulang atau 100% uang kembali, artinya kamu bisa order jasa foto produk tanpa ada resiko. Mau? Pelajari halaman garansi Nagari Studio.

Stylish

Stylish berfungsi untuk menyelaraskan produk, aksesoris, make up dan gaya si model. Misalnya produk yang akan difoto adalah tas, stylish akan mengarahkan warna dan jenis baju yang dipakai, aksesoris, warna make up, dan bagaimana si model harus memperagakan produk yang dibawa.

Harga stylish berkisar antara 900 ribu – 2,5 juta per 6 jam.

Bagaimana kalau tanpa stylish? Masih bisa. Kadang dengan model dan fotografer yang udah berpengalaman, mereka sudah bisa mengarahkan bagaimana harus mempresentasikan sebuah produk.

Note : Majalah-majalah profesional yang sudah besar tetap membutuhkan stylish untuk mengatur jalannya proses sesi fotografi. Jadi sebenarnya stylish ini memegang peran yang sangat besar juga.

Biaya tempat

Indoor maupun outdoor sama-sama memerlukan biaya sewa. Biaya sewa foto outdoor yang dilakukan ditempat umum (beberapa tempat umum tidak ada biaya sewa untuk sesi fotografi) akan berubah menjadi biaya akomodasi.

Foto produk dengan model yang dilakukan indoor memerlukan biaya sewa studio dengan harga berkisar antara 100 – 250 ribu per jam.

Foto model outdoor memerlukan biaya sewa dengan biaya yang sangat variatif, beberapa tempat wisata ada yang mengenakan charge hingga 300 ribu per hari. Cafe dengan suasana yang bagus kadang memberi charge hingga 700 ribu per hari.

Untuk biaya yang satu ini tergantung pada bagaimana konsepnya saja. Tidak terlalu mengikat dan bukan sebuah keharusan untuk mengeluarkan biaya sewa tersebut.

Foto Outdoor vs Indoor, mana yang lebih bagus?

Kalau tingkat fleksibilitas, foto yang dilakukan indoor menang!

Sesi foto bisa dilakukan kapanpun, pagi hari, siang atau malam no problem. Baru hujan atau panas, nggak masalah. Asalkan jangan pas ada gempa bumi atau baru banjir aja. Hehehe…

Secara estetika, indoor dan outdoor sama-sama memegang peranan. Tergantung bagaimana konsep yang ingin kamu usung.

Biaya Fotografer

Terakhir adalah biaya fotografer.

Pekerjaan fotografer adalah mengambil foto dan melakukan editing foto. Selain itu, dia juga akan mengarahkan pencahayaan sehingga foto yang diambil memiliki kualitas terbaik.

Pencahayaan? Warna produk bisa berubah kalau pencahayaan terlalu terang atau terlalu gelap. Pastinya kamu ngga mau donk foto produk warna merah tapi kenyataannya warna produk adalah maroon.

Si fotografer juga yang akan berkomunikasi dengan klien tentang konsep, tempat, dan kelengkapan yang lain.

Biaya jasa fotografer untuk foto produk dengan model berkisar antara 3 juta – 6 juta rupiah per 6 jam.

Perhitungan total harga foto produk dengan model

Kalau kita hitung dengan harga paling murah untuk semua variabel, maka kita akan mendapatkan harga untuk per 6 jam sesi fotografi sebesar :

Rp 5.500.000 per 6 jam sesi fotografi diluar biaya akomodasi seperti transportasi, makan crew, dll. Oke , kita anggap dengan akomodasi jadi 6 juta lah ya….

Mahal? Coba kita hitung lagi.

Dengan 6 jam sesi fotografi kamu bisa dapat 20 produk. Jadi biaya foto 1 produk adalah Rp 300.000.

Biasanya 1 produk bisa dapat 3 – 7 frame, rata-rata berarti 5 frame. Nah 1 frame biayanya adalah Rp 60.000.

Yep! Murah kan!

Kalau kamu punya akun instagram berarti kamu bakalan dapat 100 posting. Seru kan!

Yang bikin foto produk lebih murah lagi

Tau ngga yang bisa buat lebih murah lagi? Foto itu kan cuma kamu ambil sekali aja seumur hidup (kecuali kamu berpikiran lain). Artinya selama kamu punya produk itu, kamu bisa pakai foto sesuka hatimu!

Kecuali kamu punya produk yang cuma kamu buat 1 buah per produk (limited edition), memang akan membuat nilai produk jadi lebih mahal karena setiap kamu akan mengeluarkan produk kamu harus melakukan sesi fotografi lagi.

Wrap it up! Kesimpulan kita

Dari perhitungan diatas, ternyata foto produk dengan model itu murah banget kan? Apalagi biaya investasi hanya dilakukan sekali aja selama masih memproduksi produk yang sama.

Efek foto produk juga luar biasa lho! Kamu punya hasil foto yang menjual, konsumen nggak komplain karena produk beda dengan foto, omzet penjualan pun bisa meningkat.

Seru nggak tuh?

Artikel Terbaru

Tips Foto Produk Toko Online Biar Jualan Makin Laris

Jasa foto produk makin banyak tersedia hal ini karena kebutuhan masyarakat akan jasa foto produk toko online semakin tinggi karena adanya marketplace seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, dll, yang mengharuskan seller memasang foto produk agar dapat berjualan. Lalu apa...

read more
Suka Sama yang Kamu Baca?

Suka Sama yang Kamu Baca?

Bergabung dengan mailing list kami dan dapatkan artikel terupdate seputar kewirausahaan, bisnis, foto produk, dan website (termasuk tips dan triknya lho!). Ngga akan rugi deh!

Yey! Kamu berhasil bergabung dengan mailing list Nagari Studio. Tunggu berita ter-update dari kami.