fbpx
0 items - Rp0,00
 

Cara Foto Produk Furniture, yang Harus dan Jangan Dilakukan

by | Last updated 8 Sep 2018 | Published on 15 May 2018 | Foto Produk

Kamu punya usaha yang bergerak dibidang furniture? Mau tau ngga gimana cara foto produk furniture yang benar biar fotomu bisa menarik perhatian konsumen?

Apa itu foto produk? Bagaimana bisa sebuah foto mempengaruhi penjualan?

Foto produk adalah sebuah media visual yang dapat mendeskripsikan bagaimana bentuk, warna, ukuran, fungsional sebuah produk di kehidupan nyata. Untuk lebih jelasnya kamu bisa baca tulisan kami mengenai penjelasan tentang foto produk.

Sebuah foto produk jelas sangat dibutuhkan, terutama jika kamu ingin memulai untuk bisnis online.

Cara Foto Produk Furniture

Foto produk dari jarak dekat (fokus)

Konsumen ingin melihat detil produk yang ditampilkan pada foto dengan jelas. Furniture adalah produk dengan harga yang tidak murah, jadi konsumen pasti ingin memastikan kalau mereka membeli furniture yang tepat untuk menghiasi rumah mereka.

Jangan lupa untuk cek hasil foto furniture Nagari Studio 🙂

Banyak produsen yang memberikan foto produk furniture dari jarak yang cukup jauh, sehingga detil produk justru ngga keliatan dan bahkan terjadi distraksi antara produk dengan background.

Cara foto yang benar

cara foto produk furniture yang benar

Foto produk furniture dari jarak yang cukup dekat sehingga detil produk dapat terlihat cukup jelas meskipun tidak dilakukan zoom.

Cara foto produk furniture yang salah

Jangan salah paham, tapi konsumen ngga ada yang mau beli manusia lho! Hahaha..

Oke, kita anggap manusia dibelakanngnya ngga ada. Tetap aja foto produk ini membingungkan karena pesan yang ingin disampaikan ngga sampai ke konsumen.

Detil produk ngga kelihatan, bagaimana kerapian pengerjaan kaki mejanya, teksture meja seperti apa, dan masih banyak pertanyaan tidak terjawab lainnya!

Lihat gimana Nagari Studio mengerjakan foto furniture

Foto produk furniture dengan background polos

Ini masih menjadi kesalahan yang sering diabaikan oleh penjual.

Background polos akan meningkatkan konsentrasi pembeli dalam mengamati sebuah obyek. Segala kelebihan dan kekurangan dari furniture yang dijual akan kelihatan dan minat beli konsumen akan cepat terbangun karena konsumen tau apa yang mereka cari!

Cara foto yang benar

foto furniture denbgan background polos

Meskipun belum dilakukan editing dan foto masih seadanya, tapi konsentrasi konsumen tidak rusak saat melihat produk yang akan dijual.

Cuma kursi plastik sih, tapi kelihatan bagus kan?

Cara yang salah

courtesy: OLX.com

Ini adalah contoh cara foto produk furniture yang salah. Kami ambil gambar ini dari OLX, karena menurut kami banya sekali contoh kesalahan dalam cara foto produk furniture disana.

Judul iklannya : Jual Meja TV impor Toms Harga terjangkau kulitas terjamin.

Pertanyaannya, dengan harga Rp 3,6 juta saya dapat produk yang seperti apa sih? Ngga mau ah buang-buang uang untuk beli kucing dalam karung!

Sulit kan lihat produk furniturenya? Apa kelebihannya? Apa kekurangannya? Hayo…

AMBIL FOTO DARI SEGALA ARAH

Detil dan jelas, itu adalah kunci dari suskesnya sebuah foto produk apapun bentuk produknya. Harus detil!

Furniture adalah barang yang memiliki dimensi, kalau yang difoto hanya bagian depan aja terus gimana kalau ada konsumen yang mau lihat bagian belakangnya? Masa iya harus beli produknya dulu baru tau bentuk belakangnya seperti apa?

Cara yang benar

Sebagai konsumen, kamu pasti senang dan tidak ada pertanyaan lagi mengenai produk yang akan dijual. Oh, mungkin pertanyaannya, “Bisa nego ngga?” hehe. Artinya penentu terakhir adalah harga, ngga jadi masalah yang penting kamu sudah berhasil mempresentasikan produk furnituremu dengan sukses!

GUNAKAN KAMERA TERBAIK

Sekali lagi, konsumen perlu detil produk! Gunakan kamera terbaikmu untuk melakukan foto produk furniture. Minimal gunakanlah kamera poket dan jangan gunakan kamera hape yang memiliki resolusi dan kapasitas lensa yang tidak baik.

*Note: Kita hidup di tahun 2018 dan sudah banyak tersedia kamera smartphone yang memiliki kualitas luar biasa. Tapi mungkin harga membeli smartphone itu bisa untuk beli 2 kamera profesional dengan versi yang rendah.

Kamera nikon D3100 sudah cukup murah untuk dibeli, bahkan ada yang ngebandrol dengan harga Rp 3 jutaan aja! Investasi yang cukup murah kan?

Cara yang salah


Errr…. no comment deh!

Kalau kamu ngga mau untuk investasi kamera, setidaknya kamu bisa sewa fotografer untuk melakukan foto produk dengan profesional.

Cara foto produk furniture yang dilakukan dengan benar bisa meningkatkan minat beli konsumen. Jadi kenapa ngga dilakukan dengan sepenuh hati?

Bingung cari fotografer profesional untuk foto produk furniture?

Mau buat foto produk furniture juga?
biar produkmu jadi bener-bener keren di mata konsumen!

“Biarkan kami bantu ambil foto produkmu,
sehingga kamu bisa lebih fokus pada bisnisnya”

Nagari Studio memberikan garansi foto ulang atau 100% uang kembali, artinya kamu bisa order jasa foto produk tanpa ada resiko. Mau? Pelajari halaman garansi Nagari Studio.

JAGA FOTO PRODUK TETAP SIMPLE

Fokus untuk menampilkan produk yang ingin dijual, jangan buat konsumen bingung karena terlalu banyak pernaik-pernik yang menghiasi produk. Hal ini juga bisa mengakibatkan konsumen salah sangka karena dikira produk yang dijual adalajh seluruh produk yang ada difoto.

Setelah transfer, ternyata cuma satu produk yang diterima. Komplain deh…

Cara yang benar

Tampilkan produk dengan simple dan terfokus hanya pada produk yang ingin dijual saja.

Cara yang salah

Memberikan pernak-pernik atau hiasan pada produk tanpa ada gambar pendukung lainnya.

Oh ya, ada satu contoh lagi yang cukup lucu. Menghias produk dengan plastik!

Cukup keren ah?

JUJUR

Foto produk adalah untuk mempresentasikan produk yang dapat menarik minat beli konsumen dan dilakukan dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya.

Jangan hapus kerusakan yang ada pada produk karena kamu pasti ngga mau donk ada komplain dari konsumen karena adanya kerusakan pada produk.

Kesimpulan Cara Foto Produk Furniture yang Benar

Foto produk adalah media yang dibuat secara visual berfungsi untuk mendeskripsikan sebuah produk kepada konsumen tanpa harus melihat produk secara langsung.

Foto produk bisa meningkatkan minat beli konsumen karena konsumen yakin bahwa foto produk yang dilihat adalah produk yang ingin dan tepat dibeli untuk memperindah rumah konsumen.

Cara foto produk furniture harus dilakukan dengan benar, dan yang harus diperhatikan untuk mendapatkan foto produk furniture yang menarik adalah:

  1. Foto produk dilakukan dari jarak dekat dan fokus kepada produk.
  2. Foto produk furniture dilakukan dengan background polos agar konsumen berkonsentrasi melihat dan menilai produk.
  3. Foto furniture diambil dari segala arah untuk menciptakan detil yang diinginkan konsumen.
  4. Gunakan kamera terbaik.
  5. Jaga foto produk tetap simple dan tanpa hiasan/pernak-pernik.
  6. Jujur dalam menampilkan foto produk furniture.

Artikel Terbaru

Tips Foto Produk Toko Online Biar Jualan Makin Laris

Jasa foto produk makin banyak tersedia hal ini karena kebutuhan masyarakat akan jasa foto produk toko online semakin tinggi karena adanya marketplace seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, dll, yang mengharuskan seller memasang foto produk agar dapat berjualan. Lalu apa...

read more
Suka Sama yang Kamu Baca?

Suka Sama yang Kamu Baca?

Bergabung dengan mailing list kami dan dapatkan artikel terupdate seputar kewirausahaan, bisnis, foto produk, dan website (termasuk tips dan triknya lho!). Ngga akan rugi deh!

Yey! Kamu berhasil bergabung dengan mailing list Nagari Studio. Tunggu berita ter-update dari kami.