fbpx
0 items - Rp0,00

Cara Memulai Bisnis Online

by | Last updated 14 Sep 2018 | Published on 23 Aug 2018 | Bisnis

Bisnis, sesuatu yang memerlukan keberanian tersendiri untuk melakukan. Tidak jarang orang yang takut untuk melakukan bisnis karena ada resiko “rugi” dibelakangnya. Lebih baik menabung, daripada bisnis. Kalau dulu, banyak orang bertanya-tanya bagaimana cara memulai bisnis? Jaman sekarang, orang bertanya-tanya bagaimana cara memulai bisnis online?

Paradigma Bisnis Online

Sebelum masuk pada tahap cara memulai bisnis online, sepertinya lebih bijaksana jika kita membahas sedikit tentang paradigma masyarakat tentang bisnis online.

Sebagian orang mengatakan bahwa bisnis online itu tidak real dan sulit untuk dilakukan, sebagian orang mengatakan bisnis online adalah cara cepat untuk menjadi kaya, dan ada juga orang yang berpendapat bahwa bisnis online sama seperti bisnis biasa, tidak ada bedanya.

Nagari Studio setuju dengan pendapat bahwa bisnis online itu sama halnya seperti bisnis biasa. Perlu strategi, pengelolaan, dan bertahap.

Kalau kamu berpikir bahwa bisnis online itu tidak real dan sulit untuk dilakukan, mungkin kamu perlu untuk mencari lebih banyak referensi dimana banyak orang yang sukses dan menghasilkan banyak uang dari bisnis online.

kaya dari bisnis online

Kalau kamu berpikir bisnis online adalah cara cepat untuk menjadi kaya, mungkin sebaiknya kamu perlu berhati-hati. Dunia online adalah sebuah market (pasar) yang hampir tidak terbatas, semua orang bisa masuk dan melakukan transaksi. Kriminalitas online terjadi dengan angka yang sangat tinggi, seperti penipuan online, fraud kartu kredit, hacking – cracking, dsb.

Tidak ada jalur pintas untuk menjadi kaya, termasuk bisnis online.

Perilaku bisnis online

Bisnis online dan bisnis offline memang tidak bisa disamakan secara mentah-mentah. Keduanya adalah hal yang sangat berbeda dalam perlakuannya.

Persamaan antara bisnis online dan bisnis offline yang Nagari Studio sebutkan diatas adalah pada cara pandang memperlakukan sebuah bisnis. Sistem, prosedur, strategi, pengelolaan, perkembangan yang bertahap.

Perilaku bisnis online bisa dikatakan lebih acak. Kenapa? Karena tidak ada interaksi tatap muka.

Dengan interaksi tatap muka, kita bisa melihat gestur tubuh, nada bicara, raut muka, dan interaksi mikro lain untuk menentukan deal dan tidak sebuah transaksi. Pada dunia online, semua itu tidak bisa terjadi. Salah ketik, bisa-bisa konsumen  jadi emosi. Beneran loh, karena tidak ada tatap muka sehingga yang tadinya ngetik dengan nada bercanda malah dikira menghina.

Jadi, kamu perlu ekstra hati-hati dalam menanggapi sebuah percakapan (chat) dengan konsumen.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online?

Sekali lagi Nagari sampaikan bahwa bisnis online tidak ada bedanya dengan bisnis offline, sehingga cara memulai bisnis online sama konsepnya dengan cara memulai bisnis pada umumnya.

Yang membedakan adalah pada medianya.

Bagaimana cara memulai bisnis online? Apa saja yang perlu dipersiapkan? Nagari Studio akan mencoba untuk memberikan penjelasan secara umum.

1. Konsep bisnis online

Pada bisnis online, kamu harus memiliki konsep bisnis yang akan kamu jalankan.

Menurut Nagari, secara garis besar beberapa konsep bisnis mayoritas yang ada pada dunia online ada 2 tipe. Yaitu business to business (B2B) atau business to consumen (B2C).

Konsep bisnis online ini penting untuk ditentukan dari awal supaya kamu tau siapa target pasarmu dan tidak memiliki bayangan dan konsep yang terlalu luas yang malah akan merusak konsentrasi bisnis onlinemu.

Nagari Studio memilih konsep B2B, business to business, karena produk dan jasa yang Nagari Studio jual memiliki target pasar pemilik bisnis. Nagari menjual produk non fisik yang digunakan untuk memperlancar bisnis online. Konsep bisnis B2B adalah menyediakan kebutuhan pokok atau penunjang usaha yang sifatnya tidak semata-mata menjadi konsumtif.

B2C, business to consumen, adalah bisnis yang menyediakan kebutuhan pokok, sekunder, atau tersier yang langsung dinikmati oleh konsumen dan bersifat konsumtif (tidak untuk dijual kembali).

2. Produk

Produk yang ingin kamu tawarkan pada bisnis online bisa berupa produk fisik atau non-fisik.

Produk fisik, jelas adalah produk yang memiliki bentuk dan bisa dipegang.

Produk non-fisik, bisa berupa jasa, promosi, atau produk yang memang non-fisik (software).

Nagari Studio memiliki produk non-fisik dengan kategori penyedia jasa. Dan yang kami tawarkan adalah jasa pembuatan website dan jasa foto produk.

Produk fisik

Untuk produk fisik, sepertinya sudah umum dan sudah sering dilihat. Banyak bisnis online yang menjual produk fisik seperti baju, kosmetik, peralatan rumah tangga, gadget, komputer, dsb.

Sebagai ide, perusahaan merchandise dengan website di https://merchandise.id adalah sebuah bisnis B2B yang menjual produk fisik, yaitu flash disk dan keperluan promosi lainnya.

Produk non fisik

Jasa

Mau tau potensi bisnis online untuk bidang jasa? Coba deh cari di Google kata kunci:

  • Jasa pembuatan website
  • Jasa foto produk
  • Jasa SEO
  • Jasa desain
  • Jasa follower, dll

Sangat banyak! Ya, persaingan bisnis online dibidang jasa sangat tinggi. Banyak saingan berarti bisnis tersebut cukup menjanjikan.

Tidak hanya itu, Tokopedia sebagai marketplace terbesar di Indonesia sebenarnya mendapat penghasilan yang sangat tinggi dari penyedia jasa. Jasa penyedia lapak untuk berjualan, jasa escrow, dan akhirnya berkembang ke penyedia promosi bagi gold membernya.

Gojek? Jelas perusahaan penyedia jasa transportasi. Penghasilan perhari? Ratusan juta!

Promosi

Yang disebut promosi ini, lebih tepatnya adalah iklan. Tidak perlu untuk menawarkan produk fisik, jasa atau software. Kamu bisa jualan spot promosi untuk iklan.

Syarat utama bisnis online dibidang promosi (iklan) ini adalah dengan memiliki website atau blog. Psst… kalau kamu belum punya website, kamu bisa buat website di Nagari Studio loh!

Sebagai ide dan pandangan bisnis, coba kamu lihat Kaskus, sebuah forum online terbesar di Indonesia saat ini. Kaskus berhasil untuk menarik jumlah pengunjung yang sangat tinggi perharinya, sehingga menjadi tempat yang manis bagi perusahaan B2C untuk meletakkan promosi di website Kaskus.

Pada awalnya Kaskus mendapat pemasukan dari iklan dan sekarang berkembang lagi ke jasa escrow (perantara uang pada transaksi online).

Software

Bagi kamu yang bisa untuk membuat software, game, plugin WordPress, template website, dll, produk ini cocok untuk kamu jadikan sebagai core bisnismu.

Laku? Laku banget!

Perusahaan yang berbentuk SaaS (Software as a service) tidak hanya terpaku pada “pembuatan software” saja, tapi kamu juga bisa menjual (atau menjadi reseller) hosting dan domain.

Atau mungkin kamu mau ikut menjual layanan Nagari Studio kembali? Silahkan! Coba baca artikel Nagari Studio yang membahas kelebihan dan kekurangan program afiliasi Nagari Studio di Strategi Sukses Program Afiliasi.

3. Modal bisnis

Cara memulai bisnis online yang selanjutnya harus dipersiapkan adalah modal bisnis. Pertanyaannya adalah, “Berapa modal yang harus dikeluarkan untuk bisnis online?”.

Jawaban dari kami, “Modal bisnis itu besarnya relatif”.

Yap, relatif! Modal awal Nagari Studio hanyalah sebuah laptop kuno (dibeli tahun 2013), awalnya Nagari Studio melayani jasa desain grafis dan foto produk. Sekarang kami lebih memilih untuk bergerak di bidang jasa pembuatan website dan jasa foto produk.

Semakin besar modal semakin bagus? Pada dasarnya iya, jika kamu sudah memiliki konsep yang jelas pada bisnis onlinemu. Namun jangan sampai justru kamu malah menghambur-hamburkan uang karena konsep dan target pasar yang masih mentah.

Ada klien dari Nagari Studio, Purrates of Fossilian. Menjual produk dompet, tas, dan jam tangan khusus merk Fossil. Sempat terjadi pembicaraan dan sedikit tanya jawab mengenai modal awal bisnis online yang dia kerjakan. Modalnya sekitar Rp 2.000.000 untuk membeli 4 buah dompet Fossil.

Untuk jualan, Purrates of Fossilian menggunakan marketplace (Tokopedia, Shopee), Instagram, dan Facebook.

Cara memulai bisnis online bagi seorang karyawan adalah dengan membagi uang masuk dan menyisihkan sebagian untuk modal. Biarkan modal terus berputar dan jangan pernah diambil hingga mencapai besar target tertentu. Kebutuhan sehari-hari diambil dari sisa gaji setelah dikurangi modal.

Cara ini lebih bijaksana dari pada harus melakukan hutang ke bank atau pendanaan lainnya.

Sedikit-sedikit, lama-lama toh akan menjadi bukit juga!

4. Media

Bisnis online berarti pendekatan kepada konsumen dilakukan juga secara online. Transaksi juga dilakukan secara online. Tidak ada kebutuhan untuk saling bertemu dan bertatap muka.

Media online umum yang perlu kamu persiapkan adalah :

  1. Website (atau toko online) atau blog (pilih salah satu, atau boleh keduanya)
  2. Sosial media
  3. Email

3 jenis media diatas akan meng-cover kebutuhan promosi dan jualan untuk mayoritas bisnis online.

Kamu juga bisa menambah dengan mendaftar pada marketplace jika bisnis yang akan kamu lakukan adalah menjual produk fisik.

Kita akan coba bahas mengenai media yang dibutuhkan untuk bisnis online, sehingga diharapkan kamu bisa lebih memahami cara memulai bisnis online.

Kebutuhan website, toko online atau blog

Menurut Nagari Studio, kebutuhan website atau toko online untuk memulai bisnis online adalah sangat penting!

Pada tahun 2017 sebesar 46,8% penduduk dunia mengakses internet, diperkirakan pada tahun 2021 akan meningkat menjadi 53,7% smartinsights.com

Tahukah kamu bahwa dari seluruh pengguna internet, 74,54% orang melakukan pencarian lewat Google?

Sebagian besar hasil pencarian dari Google akan mereferensi ke website, bukan media sosial.

Poin inilah yang menjadikan Nagari Studio memiliki persepsi bahwa website menjadi bagian yang sangat penting jika kamu ingin memulai sebuah bisnis online.

Kebutuhan, bukan sebuah keharusan!

Kami tidak ingin muncul persepsi, “Mentang-mentang jualan jasa pembuatan website terus cara memulai bisnis online yang paling penting adalah dengan mempunyai website”. No, kami tidak seperti itu. Nagari Studio hanya mencoba untuk membedah secara dalam sebuah topik pada website kami. Harapannya adalah, kamu bisa menemukan titik terang dan memiliki kesimpulan yang cocok dan pas untuk kamu lakukan.

Kalau kamu tidak ada modal untuk buat website, it’s okay! Tidak ada masalah, kamu masih bisa menggunakan fasilitas gratis lain seperti blog, marketplace, dan media sosial. Dan pada saatnya kamu ingin melakukan ekspansi lagi, kamu bisa membuat website! Tidak ada kata terlambat kog.

Kebutuhan media sosial

Mau tidak mau, suka tidak suka, kebutuhan akan media sosial untuk melakukan sebuah promosi bisnis cukup tinggi. Kamu harus punya!

Gratis, tidak berbayar, bisa digunakan siapa saja!

Tujuan memiliki media sosial untuk bisnismu adalah supaya konsumen akrab dengan perusahaanmu dan tidak terjadi hubungan yang terlalu formal, dengan cara ini konsumen tidak akan takut untuk menghubungi hanya untuk sekedar tanya harga.

Baca juga artikel kami di Media Sosial vs Website, Mana yang Lebih Penting Untuk Bisnis?

Kebutuhan email

Gunakan email untuk memberikan informasi kepada konsumen mengenai program atau promo yang sedang kamu lakukan.

WhatsApp, atau media chatting lain bisa untuk berkomunikasi, tapi email dirasa lebih baik untuk menyampaikan sebuah promosi. Melalui email, kamu bisa melakukan kustomisasi pada desain email sehingga lebih menyatu dengan brand image perusahaanmu.

Selain itu, jika kamu memiliki website, kontak form pada website juga akan terhubung dengan email.

Gunakan email profesional seperti yang Nagari Studio punya, contohnya [email protected], [email protected], [email protected], dsb.

Sebisa mungkin, hindari komunikasi dengan menggunakan email gratis seperti @google.com, @rocketmail.com, dsb. Email gratis bisa dibuat siapapun! Dan oknum tertentu bisa saja menggunakan brand usahamu untuk menyebarluaskan spam yang akan merugikan konsumen dan usahamu sendiri.

Kebutuhan marketplace

Kalau kamu memutuskan untuk berbisnis online dengan menjual produk fisik, pertimbangkan untuk membuka akun di marketplace. Bagi orang awam, belanja di marketplace dirasa lebih mudah.

Berikan foto dan deskripsi yang asli, bukan berdasarkan hasil copy paste! Foto sendiri produkmu, kalau ngga bisa gunakan jasa foto produk. Jangan takut untuk melakukan investasi pada foto produk.

Lihat harga foto produk yang Nagari Studio tawarkan.

Kamu juga tetap harus mencantumkan brand bisnismu pada setiap produk yang diposting pada marketplace. Hal ini untuk membangun brand awareness masyarakat, sehingga bisnismu akan lebih mudah dikenal oleh masyarakat.

Kesimpulan Cara Memulai Bisnis Online

Hap! Tiba saatnya pada bagian kesimpulan.

Bisnis online bukan sebuah bisnis yang cepat kaya, bisnis online juga bukan sebuah bisnis yang mengerikan dan sulit untuk dilakukan.

Cara memulai bisnis online:

  1. Siapkan konsep bisnis.
  2. Tentukan produk yang ingin dijual.
  3. Siapkan modal bisnis.
  4. Buat media bisnis.

Pekerjaan selanjutnya adalah, berusaha, berdoa, berusaha, dan kembali berdoa.

Semoga sukses dengan bisnis onlinemu!

Mau cari uang online dan kerja dari rumah?
lihat strategi sukses program afiliasi kami, pelajari dan lakukan action segera.

“Biarkan kami kerjakan bagian repotnya, sehingga kamu bisa lebih fokus pada program afiliasinya”

Artikel Terbaru

Suka Sama yang Kamu Baca?

Suka Sama yang Kamu Baca?

Bergabung dengan mailing list kami dan dapatkan artikel terupdate seputar kewirausahaan, bisnis, foto produk, dan website (termasuk tips dan triknya lho!). Ngga akan rugi deh!

Yey! Kamu berhasil bergabung dengan mailing list Nagari Studio. Tunggu berita ter-update dari kami.