fbpx
0 items - Rp0,00

Berapa Harga Bikin Website yang Bagus untuk Bisnis?

by | Last updated 21 Sep 2018 | Published on 20 Sep 2018 | Website

Apakah kamu termasuk orang yang bingung dengan harga bikin website yang ada saat ini? Tenang kamu ngga sendirian kog! Banyak orang bingung kenapa harga bikin website beraneka ragam ditawarkan. Mulai dari Rp 750.000 hingga jutaan rupiah, bahkan ada yang memberikan anggaran hingga puluhan juta untuk membuat sebuah website dan luar biasanya lagi ada yang memberikan harga bikin website cuma Rp 135.000 saja! Mana yang bisa dipercaya? Pada artikel ini, Nagari Studio akan menjawab pertanyaan banyak orang mengenai “Berapa harga bikin website yang bagus untuk bisnis?”

Artikel yang kami buat ini untuk membangun persepsi mengernai harga bikin website yang benar dan bukan untuk membanding-bandingkan harga developer agency yang satu dengan yang lain.

Apa itu website?

Jadi, apa itu website? Website adalah media.

Itulah jawaban sederhana dari Nagari Studio. Jika dijabarkan lebih lanjut, website adalah media komunikasi visual yang dibuat untuk menyampaikan sebuah pesan dari pemilik website ke pembaca website. Pesan yang disampaikan bisa berupa promosi, ilmu pengetahuan, agama, politik, mulai dari pesan yang positif hingga pesan yang negatif, pesan yang membangun hingga pesan yang merusak.

Bagi dunia bisnis dan wirausaha, website digunakan untuk menyampaikan sebuah promosi dengan harapan terjadi sebuah transaksi yang terjadi antara pembaca (calon konsumen) dan pemilik bisnis.

Salah satu cara untuk membuat website adalah menggunakan WordPress.

Sekilas tentang WordPress

WordPress adalah salah satu sistem pemrograman yang digunakan untuk membuat website.

Di Indonesia, sebagian besar agensi atau pemilik usaha jasa pembuatan website menggunakan WordPress sebagai dasar program untuk membuat website bagi kliennya. Dari artikel 8 jasa pembuatan website terbaik di Jogja yang pernah kami buat, 7 diantaranya menggunakan WordPress dengan harga bikin website yang beraneka ragam.

Keuntungan menggunakan WordPress untuk membuat website adalah banyaknya informasi yang beredar di internet dan bisa diakses secara mudah dan gratis. Bagi pemilik website, hal ini tentunya sangat menguntungkan karena tidak terlalu bergantung pada developer awal jika ingin menambah, mengubah, atau mengurangi sesuatu pada website.

Kekurangan menggunakan WordPress tentu saja juga ada, yaitu besarnya ancaman dari pihak tidak bertanggungjawab yang mencoba menjebol dan mengambil alih website. Kenapa bisa begitu? Hal ini dikarenakan WordPress memiliki share market yang sangat besar, 30% website di dunia dibuat menggunakan WordPress!

Peran Website untuk Bisnis

Yang diperlukan dari sebuah bisnis adalah kemampuan untuk menjual. Sebuah bisnis yang tidak mampu menjual produk akan membuat bisnis gulung tikar, pemasukan lebih kecil dari pada pengeluaran. Tidak heran jika tim marketing menjadi hal yang sangat penting.

Website adalah bagian dari strategi marketing, sehingga website memiliki peran yang sangat penting untuk bisnis! Website digunakan sebagai tools atau alat untuk mempromosikan sebuah produk atau layanan dengan target yang sangat luas. Bisa kamu bayangkan dari total 260 juta penduduk, 132 juta orang adalah pengguna internet! Artinya dengan memiliki website ada kesempatan untuk meraih pasar yang sangat luas.

Jika ternyata website kamu muncul hanya di 0,1% pengguna internet di Indonesia berarti ada 132.000 orang yang menjadi pengunjung dan melihat produkmu. Jika 1% saja dari pengunjung berubah menjadi konsumen berarti ada 1.320 orang yang melakukan transaksi. – sumber wearesocial.com

Bagaimana Website Dapat Mempengaruhi Penjualan?

Pada istilah marketing, hal ini disebut KONVERSI. Konversi adalah kemampuan untuk mengubah pengunjung menjadi konsumen.

Ilustrasi yang kita gunakan pada bagian atas, 1% pengunjung berubah menjadi konsumen, sebenarnya merupakan ilustrasi dengan tingkat konversi yang cukup rendah. Rata-rata konversi sebuah website adalah 2%, konversi yang bagus adalah sekitar 5,31% dan konversi yang luar biasa adalah sekitar 11,45% – sumber wordstream

Ok, setidaknya kita pasti ingin untuk masuk ke kategori rata-rata atas, anggap saja konversi website bisa mencapai 4% berarti ada 4 ribu orang konsumen yang antri untuk dilayani. Memang untuk mencapai 4% adalah sebuah kerja keras, halaman landing page pun harus dioptimasi sedemikian rupa sehingga bisa mendapatkan target konversi 4%.

Tentunya harga bikin website dengan tingkat konversi yang tinggi pasti berbeda (hal ini akan dijelaskan pada sesi penjelasan selanjutnya).

harga bikin website yang bagus untuk bisnis

Penjualan langsung dari website

Penjualan langsung dari website adalah contoh aktual dari konversi.

Pengunjung datang ke website, suka dengan produk atau layanan, muncul minat beli dari pengunjung, pengunjung berubah menjadi konsumen ketika melakukan transaksi.

Hal ini merupakan sebuah target yang diimpikan oleh setiap pemilik website. Kami, Nagari Studio, juga sangat berharap ada transaksi langsung seperti ini.

Penjualan langsung dari website ini mayoritas terjadi jika pemilik website memutuskan untuk membeli space iklan di Google Ads.

Dengan landing page yang terstruktur rapi, iklan yang ditayangkan akan membawa pengunjung ke landing page, dan jika landing page kamu bagus maka 4% konversi diatas ada ditanganmu, bagaimana jika tidak? Bisa jadi besarnya pemasukan sama dengan besarnya budget iklan.

Penjualan tidak langsung dari website

Selain penjualan langsung, sisi menarik website adalah penjualan tidak langsung.

Wait.. what? Apa maksudnya penjualan tidak langsung dari website?

Maksudnya gini, konversi penjualan tidak terjadi seketika pada saat itu. Bisa jadi 1 minggu kemudian, 1 bulan kemudian, atau mungkin malah teman dari pengunjung itu yang membuat transaksi akibat si pengunjung cerita tentang websitemu ke temannya.

Minat beli konsumen sangat mungkin terjadi tidak pada waktu itu juga. Mungkin mereka melakukan survey dulu, mungkin juga minat beli mereka muncul ketika melihat websitemu untuk yang ke-20 kali, mungkin juga minta beli mereka muncul karena ada rekomendasi dari teman. Kita tidak akan pernah tau perilaku pasar.

Untuk meyikapi konsumen yang seperti ini, maka konten marketing sangat diperlukan.

Pentingnya konten marketing

Karena kita tau perilaku pasar yang beraneka ragam, kenapa kita tidak mencoba untuk meraih potensi pasar dari sisi yang lain?

Kita bisa mengubah minat beli pengunjung dengan cara memberikan ilmu atau jawaban atas pertanyaan yang mereka cari. Bagaimana jika 7 dari 10 pertanyaan pengunjung bisa kamu jawab dengan memuaskan, trust (kepercayaan) mereka pasti akan terbangun dan kemungkinan (sangat) besar mereka bersedia untuk melakukan transaksi. Itulah konten marketing!

Konten marketing dibuat untuk membangkitkan minat beli konsumen dengan cara yang sangat halus, membangun pemahaman konsumen dengan perlahan, membangun kepercayaan konsumen terhadap bisnismu secara perlahan. Tanpa perlu adanya jargon “Kami yang Terbaik!”, “Anda rugi jika tidak memilih kami!”, dan jargon lainnya, konsumen sudah bisa menilai siapa partner terbaik untuk mereka. Selain itu, fungsi konten marketing yang tidak kalah pentingnya adalah pada SEO.

Semakin banyak konten marketing yang dibuat, ibaratnya semakin banyak jala yang ditebar. Konten yang dibuat akan bersaing dengan website lain pada hasil pencarian search engine. Tinggal tunggu, mana jala yang paling banyak mendapatkan ikan.

The power of search engine

Search engine atau mesin pencari sudah menjadi hal yang wajib dibuka jika memerlukan sebuah informasi. Google sebagai raksasa mesin pencari dengan market share sebesar 90% diantara mesin pencari lainnya memproses sekitar 3,5 juta hasil pencarian setiap harinya.

More than 90% of all internet searches are taking place through Google and the company subsidary Youtube.businessinsider.com

Kalau saja websitemu mendapatkan 1.000 hasil pencarian setiap bulannya dari konten marketingmu, dengan konversi sebesar 4% setidaknya kamu akan melayani konsumen sebanyak 40 orang/bulan.

Apakah hasil pencarian dan konversi ini bisa terjadi secara instan? Tentu tidak! Sebuah website yang tidak memiliki konten apapun tidak akan mendapatkan kursi di hasil pencarian Google. Artinya kamu harus melakukan optimasi pada website melalui konten marketing, SEO, promo, dan jika diperlukan beli space iklan di Google Ads.

Website ibaratnya adalah sebuah kantor virtual, jika tidak pernah disentuh maka pasti akan berdebu sehingga tidak akan ada konsumen yang mau untuk masuk kedalam. Namun jika kamu berhasil untuk memberikan kehidupan pada websitemu, maka Google tidak akan ragu untuk menempatkan websitemu pada halaman 1 hasil pencarian. Dan selama ada halaman websitemu yang nongkrong di halaman 1 hasil pencarian, maka calon konsumen akan terus berdatangan setiap hari.

Berapa Harga Bikin Website?

Sampai deh pada pembahasan yang ditunggu.

Kalau kamu sampai disini tanpa membaca pembahasan atas, sayang sekali kamu tidak akan mendapatkan apa yang kamu cari mengenai harga bikin website. Artikel ini dibuat untuk memberikan pemahaman mendasar mengenai potensi yang akan didapat dengan mengeluarkan sejumlah uang untuk membuat website.

Untuk membuat website, tentunya diperlukan sejumlah uang. Bahkan jika kamu bisa membuat website sendiri sekalipun kamu tetap perlu uang untuk membeli domain dan menyewa hosting.

Tentunya kamu pernah dengar kata-kata, “Ada uang, ada barang“. Sama seperti membeli smartphone, mana yang kamu pilih harga murah kualitas minimal, atau harga mahal kualitas maksimal.

Harga pembuatan website selalu menjadi masalah utama. Banyak orang merasa harga bikin website yang ditawarkan relatif mahal, padahal mungkin calon konsumen itu belum tau apa sih manfaatnya memiliki website yang memang dioptimasi untuk bisnis. Terlebih ditambah banyaknya tenaga kreatif yang (katanya) mampu untuk membuat website maka terjadilah perang harga pembuatan website.

Fenomena banting harga website

Alih-alih memberikan kualitas terbaik untuk konsumen, developer cenderung untuk lebih memilih banting harga website agar banyak konsumen yang mau membeli jasa pembuatan website yang mereka tawarkan.

Kenapa bisa begitu? Kualitas berbanding lurus dengan harga, sama seperti pada pelajaran fisika Hukum Newton : “Ada aksi, ada reaksi”. Membuat produk dengan kualitas bagus memang diperlukan effort yang cukup besar.

Jika berhadapan dengan konsumen, berarti kualitas akan memberikan kerepotan yang lebih karena konsumen pasti juga ingin dapat yang terbaik. Selain itu, untuk meyakinkan konsumen agar mau memilih developer yang memiliki harga lebih tinggi tentunya si developer harus memberikan pengertian kenapa begini, kenapa begitu, kenapa fasilitas ini diperlukan, kenapa itu bisa menunjang website bisnis, dan berbagai macam pertanyaan lain dari konsumen yang tentunya akan memakan banyak tenaga dan pikiran.

Harga bikin website bisa dikategorikan secar global menjadi harga sekedar punya website dan harga pembuatan website yang serius.

Harga bikin website untuk sekedar punya

harga bikin website murah Banyak orang yang memutuskan membuat website hanya akibat ikut arus teknologi, “yang penting punya website” tanpa memperhitungkan dan menggali lebih dalam lagi seperti apa website itu. Yang bahaya lagi, banyak developer tidak mau tahu akan kebutuhan konsumen dalam membuat website. “Pokoknya ada uang! Masalah lu mau susah itu bukan urusan gue”.

Pemilik website tidak diberikan bimbingan secara intensif, sehingga website terbengkalai begitu saja karena sedikit pengunjung dan website tidak bisa mengkonversi penjualan. Karena merasa website tidak ada fungsinya, tahun depan mereka memutuskan untuk tidak memperpanjang websitenya dan bahkan mungkin malah bisa jadi antipati dengan website.

Lalu berapa harga yang ditawarkan untuk membuat website seperti ini? Nagari Studio tidak ingin bicara nominal ya, kami tidak ingin menyinggung dan menjelek-jelekkan agency atau developer yang lain. Yang bisa kami katakan mengenai harga bikin website yang seperti ini adalah, “Kalau kamu beli produk dengan harga sangat murah berapa lama awetnya dan seberapa bagus fiturnya?”

Bolehkan punya website dengan harga yang murah?

Tentu saja boleh! Website harga murah sangat kami rekomendasikan kalau kamu tau pasti bagaimana sistem kerja website untuk membantu pemasaranmu. Selain itu, website murah seperti ini bagus untuk usaha awal karena adanya modal yang terbatas.

Pada waktunya nanti saat modal sudah cukup untuk melakukan upgrade pada website, lakukanlah tanpa ragu! Berikan yang terbaik untuk mesin pemasaranmu (website), sehingga mesinmu akan memberikan yang terbaik juga untuk usahamu.

Harga bikin website berorientasi pada penjualan

Website yang memiliki orientasi pada penjualan tentu akan dikemas secara berbeda. Harga bikin websitenya pun juga pasti berbeda!

Beberapa contoh website yang berorientasi penjualan memiliki karakteristik yang sama, FOKUS KEPADA PENGUNJUNG.

Masalah pengunjung ada yang mau beli atau tidak, itu bukan menjadi masalah bagi mereka. Yang terpenting adalah mereka sudah menyajikan yang terbaik untuk pengunjung.

Lha.. tapi itu kan perusahaan raksasa! Perusahaan besar dengan nilai milyaran dollar. Ya pasti bisa donk untuk bikin website yang bagus!

Yap, kami sadar 100% bahwa mereka adalah perusahaan besar. Pertanyaanya, apakah kamu tidak boleh untuk (pura-pura) besar?

Website merupakan sebuah media promosi dimana penjual dan pembeli tidak bertemu satu sama lain. Yang dijual pada website adalah trust (kepercayaan), dengan bentuk website yang baik dan memiliki orientasi ke konsumen maka yang kita ambil adalah kepercayaan konsumen. Jika konsumen sudah percaya pada bisnismu, yakin deh mau transaksi seperti apa aja pasti hayuuuuk!

Seperti Apa Website yang Baik?

Website yang baik adalah website yang berorientasi kepada konsumen. Setiap desain, penulisan, ajakan, foto, tampilan, akan menjunjung tinggi kenyamanan untuk konsumen.

Mahal dan murah itu relatif, pada akhirnya kamu sendiri yang akan menentukan berapa harga bikin website yang cocok untuk kamu.

Desain website yang memanjakan mata

Yuk kita lihat lagi website perusahaan raksasa lain, Samsung!

Enak dipandang kan?

Manusia menilai buku dari sampulnya.

Suka tidak suka manusia akan selalu menilai buku dari sampulnya. Begitu juga yang terjadi pada websitemu, dengan tampilan yang tidak menarik secara otomatis mata pengunjung akan mengirimkan sinyal ke otak mereka jika bisnismu tidak bisa dipercaya.

Padahal belum tentu pelayananmu kalah dibandingkan bisnis yang punya website keren! Rasanya ngga adil kan?

Jasa pembuatan website yang baik akan selalu membuat sitemap website pada awal proses. Hal ini akan membantu mereka untuk membuat desain website yang mudah dipahami oleh konsumen.

Informasi penting yang harus diketahui oleh konsumen akan diberikan porsi yang besar sehingga konsumen tidak seperti mencari jarum pada saat mereka memerlukan informasi dari website.

Website yang dibuat untuk konsumen

Tips dari Nagari Studio: “Jangan buat website sesuai dengan keinginanmu, tapi buatlah websitemu sesuai dengan keinginan marketmu”.

Kalau bisnismu bergerak dibidang hukum (advokat, pengacara, dll), buat websitemu dengan tampilan yang clean dan profesional jangan ada clutter (sesuatu yang membuat tidak rapi). Kalau bisnismu bergerak dikategori anak-anak, buat websitmu dengan tampilan yang lucu dan penuh warna. 

Website (juga) dibuat untuk search engine

Website harus dioptimasi dengan SEO yang benar, tepat dan efektif. Akan menjadi hal yang percuma jika sudah punya website keren tapi tidak ada pengunjung yang datang.

Jasa pembuatan website yang baik akan membuat website yang SEO friendly tanpa mempraktekkan jurus black hat SEO (cara kotor SEO). SEO yang benar akan membawa website ke hasil pencarian teratas dan mampu bertahan lama.

Penjelasan mengenai SEO akan dibahas lebih lanjut di bawah.

Fasilitas pada Website WordPress yang Baik

Tidak bisa dipungkiri bahwa WordPress adalah platform yang sangat populer untuk membuat website. Selain mudah, WordPress juga memiliki komunitas yang sangat besar sehingga jika ada permasalahan mengenai WordPress banyak orang bisa membantu. Bahkan diketahui ada 40+ perusahaan besar dunia yang menggunakan WordPress untuk membuat website mereka.

Menurut data, 30% website didunia dibuat menggunakan WordPress

Saking populernya, banyak orang tidak bertanggungjawab yang mengincar WordPress. Tujuannya? Uang.

Kalau kamu punya website (atau berencana untuk punya) yang dibuat menggunakan WordPress, satu hal yang harus (dan wajib) kamu miliki adalah sistem keamanan yang kuat!

Sistem keamanan website

Siapa bilang ancaman hacker itu tidak nyata? Website ini adalah contoh website salah satu calon klien Nagari Studio.

Website ini dimiliki oleh orang Jogja yang bergerak dibidang furniture, dan kebetulan yang nge-hack orang Indonesia juga :). Ntah karena salah target atau bagaimana, yang jelas website sudah tidak layak diperbaiki. Developer pertama juga ngga punya backup datanya. Wasalam deh…

Anti virus, anti malware dan anti bruteforce

Yang paling sering terjadi pada bobolnya website adalah brute-force alias sistem tebak password.

Langkah yang paling penting adalah menggunakan kombinasi password yang kuat dan juga hindari menggunakan username “admin”. Halaman login WordPress adalah wp-admin atau wp-login.php. Pastikan kamu mengganti dengan kombinasi kata yang tidak mungkin ditebak dengan mudah.

Gunakan plugin resmi! Kalau kamu lihat ada plugin berbayar tapi diberikan secara gratis atau dijual dengan harga yang sangat murah, bisa jadi code pada plugin sudah dimasuki oleh code-code nakal (malware atau backdoor).

Keamanan lapis kedua

Keamanan lapis kedua pada WordPress bisa diartikan sebagai kode otentifikasi tambahan.

Kode rahasia dan khusus yang harus dimasukkan meskipun sudah menggunakan username dan password yang benar. Kode otentifikasi ini biasanya dikirimkan melalui email atau dengan menggunakan aplikasi Google Authenticator.

Backup, backup, backup

Nah, ini pekerjaan yang biasanya sangat malas dilakukan. Backup.

Orang akan merasa tidak perlu melakukan backup karena menurut mereka tidak ada yang akan merusak website. Jangan salah! Kalaupun bukan dirusak orang lain, kamu sendiri bisa merusak websitemu secara tidak sengaja.

Lakukan backup secara berkala. Penyedia jasa pembuatan website yang baik akan memberikan fasilitas backup secara otomatis pada websitemu. Karena mereka tau, menyepelekan sesuatu akan berbuah hal yang tidak baik.

Kalau Nagari Studio memberikan fasilitas backup otomatis, file backup disimpan pada server yang berbeda, ditambah file backup akan disimpan selamanya. 🙂 (promosi sedikit deh….)

Perang pada hasil pencarian dengan SEO

Kalau websitemu sudah berorientasi kepada pengunjung dan memiliki sistem kemanan yang baik, kini saatnya untuk mencari pengunjung sebanyak-banyaknya dari Google!

Caranya? SEO!

Sekilas tentang SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah sebuah praktik untuk mengoptimasi halaman website agar dapat muncul pada halaman pertama dan posisi pertama hasil pencarian Google, Bing, atau Yahoo.

Biasanya harga bikin website sudah lengkap dengan paket SEO juga, tapi SEO yang dilakukan adalah SEO tahap awal. Untuk mengembangkannya diperlukan kemauan pemilik website untuk melakukan update pada konten.

Pada prakteknya SEO memiliki 2 cara, black hat dan white hat SEO. Semua bisa digunakan kog. Pembahasan pada bagian selanjutnya ya, teruskan membaca.

Mana yang benar, local atau global SEO?

Tergantung pada bisnismu. Kalau kamu punya usaha potong rambut, lokal SEO adalah pilihan tepat. Tapi kalau kamu jualan online, menggunakan global SEO dirasa cukup.

Satu hal yang mungkin tidak banyak dibahas oleh orang, lokal SEO dirasa lebih baik daripada global SEO. Lokal SEO bisa menjadi global, tapi global SEO tidak bisa menjadi lokal.

Tujuan lokal SEO adalah untuk memunculkan hasil pencarian website pada peringkat pertama jika ada orang sekitar tempat usahamu yang mencari kata kunci (keywords) yang kebetulan adalah keyword pilihanmu.

Contohnya, kalau tempat usaha potong rambutmu di daerah Yogyakarta dan ada orang (berlokasi di Yogyakarta juga) mencari tempat potong rambut maka Google akan menampilkan websitemu dihalaman atas plus hasil dari Google Map.

hasil lokal seo

Lokal SEO praktiknya memang lebih sulit karena harus mengintegrasikan lokasi usaha dengan website. Memang harga bikin website menjadi berbeda, tapi toh hasilnya juga lebih baik kan?

White hat SEO atau black hat SEO?

Black hat SEO adalah cara kotor yang dilakukan untuk membuat website cepat naik peringkat dihasil pencarian.

Beberapa cara yang dikenal sebagai black hat SEO:

  1. Conten Automation, menulis konten secara otomatis menggunakan software atau bot.
  2. Copy paste konten.
  3. Text atau link yang disembunyikan, biasanya text atau link adalah target keyword.
  4. Keyword stuffing, menyebar keyword dengan cara tidak wajar dan dalam jumlah yang sangat banyak.

Hasil yang didapatkan dari black hat SEO ini memang sangat cepat, bahkan bisa dalam waktu kurang dari 1 bulan halaman website sudah nongkrong di halaman 1 Google. Tapi kalau ketahuan oleh Google, jangan berharap untuk bisa mendapatkan posisi lagi.

White hat SEO adalah cara untuk meningkatkan hasil pencarian dengan cara yang wajar dan normal. Sistem ini memang relatif lebih lama dan lebih sulit, tapi hasilnya bisa bertahan sangat lama dan bahkan mungkin bisa permanen.

Beberapa cara white hat SEO:

  1. Penulisan meta title dan meta description dengan keywords yang wajar dan menarik.
  2. Penulisan konten yang memang dibuat untuk konsumen dan terdapat keywords pada artikel. Jumlah keywords tidak lebih dari 2,5% total kata.
  3. Usahakan menulis konten dengan jumlah kata 1.000 – 1.500 kata. Lebih banyak lebih baik.
  4. Tidak menembak 1 keywords saja pada 1 artikel.
  5. Gambar yang digunakan memiliki ukuran file yang kecil tapi tetap memperhatikan kualitas.
  6. Gunakan ALT image pada setiap gambar di artikel.
  7. Implementasikan schema markup.

Pastikan developer website yang kamu tunjuk menggunakan cara yang benar pada SEO, meskipun memang harga bikin website biasanya lebih mahal.

Sebagai informasi, Nagari Studio selalu menggunakan white hat SEO pada semua website klien dan website kami sendiri. Pada artikel ini, meta title dan meta description kami optimasi dengan ada keyword dan tetap menarik untuk dibaca. Keywords utama hanya berjumlah 0,7% saja dari total kata. Konten ini ditulis dengan sekitar 4.200 kata. ALT image dan schema markup yang pasti kami gunakan. Yang terakhir, artikel ini kami buat untuk manusia (memberikan pemahaman mendalam mengenai harga bikin website yang sangat beraneka ragam).

Schema markup

Google dan mesin pencari lainnya adalah mesin, search engine bukan manusia yang bisa membaca konten dan memahami maksud dan tujuan konten itu dibuat.

Search engine hanya melakukan index terhadap kata-kata dan kombinasi kata dan kemudian mengeluarkan hasil index tadi ketika ada orang yang mengetik kata atau kombinasi kata yang mirip dengan hasil index. Yang bisa dipahami disini adalah, search engine hanya mengeluarkan hasil secara tebak!

Schema markup digunakan untuk memberi tahu kepada search engine mengenai bagaimana konten harus dibaca, faktor yang paling penting pada konten, siapa yang menulis, kapan terakhir kali diupdate, dan masih banyak lainnya. Selain itu, dengan menggunakan schema markup yang tepat, hasil pencarian website bisa tampil dengan lebih menarik.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai schema markup, silahkan baca di panduan Google mengenai Search Features.

Implementasi schema markup yang benar tentunya akan membuat harga bikin website berbeda dengan yang tidak memberikan fasilitas schema markup.

Ketersediaan layanan maintenance

Layanan maintenance (pemeliharaan) sangat penting untuk menjaga website tetap stabil dan bahkan menjadi lebih baik. Developer pembuat website yang baik pasti akan memberikan layanan maintenance untuk konsumennya, sudah include pada paket website atau dijual secara terpisah.

Maintenance website pada dasarnya adalah melakukan perawatan terhadap website dan bahkan meningkatkan kinerja website agar pemilik website (konsumen) menjadi diuntungkan akibat adanya layanan maintenance tersebut.

Maintenance bisa dikelompokkan menjadi dua, 1. pemeliharaan teknis, 2. pemeliharaan non-teknis.

Pemeliharaan teknis mencakup update plugin, backup, re-testing fasilitas, pemantauan tampilan, SEO, data statistik website, dan sistem keamanan website.

Pemeliharaan non-teknis lebih bersifat ke manusia. Misalnya re-tutorial pemilik website, audit konten yang dibuat pemilik, memberi pemahaman kepada pemilik website, dan komunikasi-komunikasi yang lain.

Intinya adalah, maintenance website ini bertujuan untuk membuat pemilik website menjadi benar-benar paham cara kerja website dan merasa diuntungkan dengan adanya website.

Konsep yang (sedikit) salah tentang maintenance website

Ada konsep mengenai maintenance website yang kami nilai kurang pas beredar, maintenance hanya bersifat teknis dan bahkan lebih kecil daripada sekedar teknis.

Pada website yang dibuat dengan basis WordPress, akan ada yang namanya update plugin. Sistem kerja update plugin ini adalah: 1. Pembuat plugin melakukan update – 2. ada notifikasi update pada website – 3. pemilik website melakukan update.

Simple.

Terlebih lagi jika plugin yang digunakan adalah free plugin yang bisa didapatkan secara gratis. Tentunya ini bukan menjadi masalah jika pemilik website sendirilah yang harus melakukan maintenance. Tapi justru hal inilah yang menjadi bahan jualan dan banyak pembeli website yang tidak sadar akan hal ini.

Beda jika plugin tersebut adalah plugin berbayar yang memang tidak bisa dilakukan update otomatis selain pemilik lisensi (developer). Tapi pada dasarnya dengan adanya maintenance ini, konsumen harus merasa beruntung memiliki website yang sudah dibeli dengan susah payah dan harus keluar modal.

Akhir kata

Berapa harga bikin website yang baik untuk bisnis? Tidak ada yang bisa menjawab pertanyaan ini, karena kamu sendirilah yang tau persis kebutuhanmu.

Harga pembuatan website sangat bervariasi, dari yang super murah sampai super mahal. Pertanyaannya kamu perlu website yang seperti apa?

Sebuah ilustrasi yang cukup menarik, kamu beli website yang kamu rasa cukup mahal dengan harga Rp 10 juta tapi kamu bisa mendapatkan keuntungan hingga Rp 20 juta akibat adanya website.

Ilustrasi kedua, kamu beli website dengan harga murah, mungkin Rp 1,5 juta tapi pada akhir tahun kamu tidak dapat apa-apa yang artinya kamu akan kehilangan waktu, harapan, tenaga, dan uang sebesar Rp 1,5 juta.

Nah, dari ilustrasi diatas harga bikin website mana yang lebih mahal menurut kamu?

Yuk, keluarkan pendapat kamu di kolom komentar dibawah ini ya. Siapa tau komentar kamu akan berguna untuk orang lain.

Eldo Arfendika Pradana

Eldo Arfendika Pradana

CEO Nagari Studio

Eldo adalah CEO dan pendiri Nagari Studio. Dia adalah seorang yang suka dengan WordPress/Web developer, SEO, dan fotografi. Eldo adalah seorang ayah dan suami yang bahagia, karena memilik seorang anak yang memiliki nama panggilan Fetteh dan istri yang biasa dipanggil Idut.

Mau punya website yang menjual?

Website dengan tampilan yang sesuai dengan brandmu, sistem keamanan yang kuat, dan fasilitas yang mantap.

“Biarkan kami bantu buat websitemu,
biar kamu bisa lebih fokus pada bisnisnya”

Nagari Studio memberikan garansi 100% uang kembali, artinya kamu bisa order pembuatan website tanpa ada resiko. Mau? Pelajari halaman garansi Nagari Studio.

Artikel Terbaru

Kamera Terbaik untuk Foto Produk Katalog

    Memang tidak bisa dipungkiri bahwa bisnis online erat kaitannya dengan foto produk. Foto produk berkualitas memang sangat penting untuk dimiliki. Foto produk katalog yang baik, akan meningkatkan niat beli konsumen karena konsumen tidak harus melihat produk secara...

read more
Suka Sama yang Kamu Baca?

Suka Sama yang Kamu Baca?

Bergabung dengan mailing list kami dan dapatkan artikel terupdate seputar kewirausahaan, bisnis, foto produk, dan website (termasuk tips dan triknya lho!). Ngga akan rugi deh!

Yey! Kamu berhasil bergabung dengan mailing list Nagari Studio. Tunggu berita ter-update dari kami.