fbpx
0 items - Rp0,00
 

Kamera Terbaik untuk Foto Produk Katalog

by | Last updated 20 Sep 2018 | Published on 17 Sep 2018 | Foto Produk

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa bisnis online erat kaitannya dengan foto produk. Foto produk berkualitas memang sangat penting untuk dimiliki. Foto produk katalog yang baik, akan meningkatkan niat beli konsumen karena konsumen tidak harus melihat produk secara langsung karena foto sudah mewakili 90% dari produk aslinya. Salah satu faktor penentu bagus atau tidaknya sebuah foto adalah kamera, meskipun masih banyak faktor lain agar kamu bisa mendapatkan hasil foto terbaik misalnya teknik pengambilan, kualitas cahaya, dan editing. Pada artikel ini Nagari Studio akan membahas kamera terbaik untuk foto produk, pemilihan kamera yang tepat, dan sedikit pembahasan mengenai kamera hape untuk foto produk.

Tips Memilih Kamera Terbaik Untuk Foto Produk

Kami ingin menyampaikan tips ini diawal artikel agar kamu tidak terjebak dengan indahnya bayangan yang akan muncul dikepala ketika seorang sales mempresentasikan produk kamera mereka.

  • Taat pada budget, jangan mudah tergiur pada fasilitas sebuah kamera. Jika kamu buka seorang fotografer profesional, fasilitas-fasilitas itu akan sangat jarang untuk kamu pakai.
  • Kalau kamu hanya menggunakan hasil foto produk pada media online, jangan pilih kamera berdasarkan Mega Pixel. Kamu tidak akan memerlukan kamera yang memiliki resolusi 30MP. Teruskan membaca dan kamu akan tahu alasannya dibagian bawah artikel ini.
  • Selalu lakukan riset, informasi saat ini sangat mudah diakses. Gunakan Google, bertanya pada forum, dan tanya pada fotografer kenalanmu.
  • Kalau kamu memutuskan untuk membeli sebuah kamera DSLR, pastikan kamu juga membeli lensa yang akan kamu gunakan untuk foto produk. Lensa fix 50mm adalah pilihan yang sangat baik.

 

kamera terbaik untuk foto produk

Apa Kamera Terbaik untuk Foto Produk Katalog?

Apa sih kamera terbaik untuk foto produk? Pertanyaan ini sering muncul dibenak pemilik usaha yang ingin mempromosikan produk-produknya secara online maupun media cetak. Promosi online bisa dilakukan melalui website, sosial media, atau marketplace sedangkan media cetak bisa berbentuk poster, brosur atau flyer.

Untuk bisa membuat konsumen menjadi penasaran dan tertarik pada produk, diperlukan adanya kualitas foto produk yang sangat bagus. Hal ini akan memberikan “kesan pertama begitu menggoda”, (sedikit pakai slogan parfum yes?!).

Kembali ke pembahasan awal mengenai kamera terbaik untuk foto produk, Nagari Studio akan memberikan 2 kriteria yang bisa kamu gunakan dalam memilih sebuah kamera. Modal (budget) dan fungsional.

Memilih kamera berdasarkan budget

Kalau kamu adalah tipe orang yang tidak masalah untuk mengeluarkan budegt lebih demi menciptakan sebuah foto yang optimal, maka pembahasan ini pas untuk kamu.

Foto berkualitas = produk berkualitas

Tapi, kalau kamu adalah tipe pebisnis yang ingin mengoptimalkan budget dan tidak ingin merogoh kocek terlalu dalam untuk sebuah kamera, kamu bisa lewati bagian ini dan langsung menuju ke pembahasan selanjutnya.

Tipe kamera terbaik untuk foto produk menurut Nagari Studio:

1. Canon EOS 5D Mark IV

Harga di Lazada : Rp 49.590.000
Harga Resmi : Rp 64.383.000
Type : DSLR
Resolusi : 30,4 MP

Canon ESO 5D Mar IV adalah kamera generasi ke-4 kamera EOS dengan sensor full frame. Auto focus yang memiliki kecepatan dan presisi tinggi. Selain itu Canon EOS 5D Mark IV juga sudah didukung video 4K. Kelebihan lainnya rentang ISO sangat tinggi, mulai dari 100 hingga 32.000.

Kekurangannya :

  1. Harga sangat mahal.
  2. Target pengguna adalah fotografer profesional.
  3. Target foto produk untuk brand-brand ternama.

2. Nikon D750

Harga di Tokopedia : Rp 31.890.000
Harga Resmi : $ 2.199,95
Type : DSLR
Resolusi : 24,3 MP

Kamera besutan Nikon ini launching pada tahun 2014 dan mendapatkan penghargaan Best Full-Frame System Camera pada tahun 2015.

Kekurangannya :

  1. Harga masih relatif sangat mahal.
  2. Target pengguna adalah fotografer profesional.
  3. Target foto produk untuk brand-brand ternama.
foto kamera nikon d750

Memilih kamera berdasarkan fungsional

So, kamu kesini karena harga kamera diatas masih terlalu mahal atau mungkin sebenarnya kamu sudah punya kamera tapi kamu masih belum puas dengan hasil fotonya?

Pada bagian ini Nagari Studio akan beberkan beberapa fungisonal pada kamera yang bisa kamu jadikan pedoman jika kamu ingin membeli kamera yang lebih murah atau melakukan setting pada kamera yang ada disebelah kamu pegang saat ini.

Sedikit bocoran opini dari kami, kamera terbaik untuk foto produk itu tidak ada.

Lha??? Tenang… lanjutkan baca dan kamu akan mendapatkan kamera terbaik untuk foto produk versimu sendiri.

Resolusi pada kamera

Resolusi pada kamera, biasanya akan disebutkan dalam MP (Mega Pixel), adalah hal yang sangat penting. Semakin tinggi resolusi, akan semakin halus dan bagus foto yang akan kamu dapatkan. Selain itu, foto juga akan tetap terlihat cantik pada saat dicetak menjadi katalog atau dipasang pada website.

Sebagai informasi, layar komputer paling besar (mayoritas dimiliki) saat ini adalah 1920 x 1080 pixel = 2.073.600 pixel (2MP). Jadi kalau kamu punya kamera 10MP (3872 x 2592 pixel) maka untuk kepentingan online kamu sudah punya kamera yang cukup untuk mendapatkan foto produk yang bagus.

Untuk kepentingan cetak, dengan 10MP kamu bisa cetak foto dengan ukuran maksimal 25 x 38 cm.

Tips mendapatkan kamera terbaik untuk foto produk yang pertama adalah resolusi. Langkah selanjutnya, silahkan pilih di toko kamera terdekat kamu :).

Settingan Aperture

Aperture adalah istilah yang digunakan untuk besar kecilnya bukaan retina pada kamera untuk menangkap cahaya masuk, selain itu apertur juga dapat membuat efek blur pada background (efek depth of field).

Untuk tau lebih jelas mengenai aperture, kamu bisa membuka referensi dari Photography Life : Introdution to Aperture in Photography.

Tips memilih kamera terbaik untuk foto produk selanjutnya adalah, pastikan bahwa kamera yang ingin kamu beli memiliki kemampuan untuk melakukan setting pada aperture.

Kenapa setting aperture ini penting? Pertama, hal ini akan menentukan banyak sedikitnya cahaya yang masuk pada kamera dan akan berpengaruh pada terang dan gelapnya hasil foto. Kedua, pada foto produk kita tidak ingin adanya efek depth of field pada produk, kita menginginkan hasil yang jelas pada setiap sisi produk.

Untuk mendapatkan hasil foto produk terbaik, setting aperture kamera dengan nilai 10 keatas. Semakin besar nilai aperture, maka kamu akan dapat foto yang jelas dan tanpa blur.

Settingan ISO

Apa itu ISO? ISO pada dunia fotografi digital mengindikasikan seberapa sensitif sensor gambar pada kamera terhadap cahaya. Semakin kecil ISO, maka sensor gambar akan semakin sensitif terhadap cahaya dan semakin halus foto yang dihasilkan.

Pada foto produk sebisa mungkin gunakan ISO 100 sehingga foto yang dihasilkan akan sangat jernih dan tidak ada grain (titik-titik seperti foto pada resolusi rendah).

Pastikan kamera yang ingin kamu beli tersedia pilihan untuk mengatur nilai ISO.

Pilih sendiri kamera terbaikmu

Pengalaman Nagari Studio selama menekuni dunia foto produk memberikan sebuah pelajaran yang berharga bagi kami. Tidak ada yang namanya kamera terbaik untuk foto produk. Masing-masing dari kamu bisa memiliki kamera terbaiknya sendiri-sendiri. Bahkan kalau perlu, kamu bisa kog melakukan foto dengan bermodalkan kamera smartphone.

Memang tidak dipungkiri bahwa peralatan yang semakin bagus akan memberikan hasil yang semakin bagus, tapi akan sangat disayangkan kalau hal itu justru menghambat kamu untuk berkembang. Ilmu, skill, dan kemauan yang paling penting.

Kenapa kami mengatakan hal seperti ini? Kami hanya mencoba untuk bersikap jujur dan tidak ingin membuat kamu merasa depresi dengan keterbatasan alat yang kamu punya sekarang ini.

Namun jika kamu tetap berniat untuk beli kamera, 3 poin utama diatas merupakan hal teknis yang menurut Nagari Studio paling penting untuk mendapatkan hasil foto dengan kualitas tinggi.

Foto Produk Pakai Smartphone Juga Bisa

Nah, kita sampai pada tahap yang menyenangkan! Jujur-jujuran aja, smartphone kamu sebenarnya bisa untuk melakukan foto produk.

“Wait… no! Jangan bercanda Nagari!”

Seriusan! Ini ngga bercanda. Kamu bisa mendapatkan foto produk yang bagus hanya bermodalkan smartphone!

Pada tahun 2016 (atau 2017, lupa tepatnya) ada sebuah smartphone dari Xiao Mi, Mi 4 Lte. Dan percaya ngga percaya, memang itulah kamera yang kami gunakan untuk melakukan foto produk. Pada saat itu, owner Nagari Studio (sebelum Nagari lahir nih), Eldo membantu istrinya untuk jualan online dan dia menggunakan smartphonenya untuk menghasilkan foto produk yang indah :).

Hasil dibawah ini difoto dengan kamera Xiao Mi Mi 4 Lte.

Kamera milik Mi 4 Lte ini memang sudah cukup keren. Banyak settingan manual yang bisa diterapkan, misalnya setting pada ISO, color balance, dan shutter speed.

Akhir kata

Terkadang masalah teknis sering menjadi momok untuk menghambat perkembangan sebuah bisnis, padahal teknis hanya mengambil peranan yang sangat kecil.

Untuk mendapatkan hasil foto produk yang bagus, kamu perlu mempelajari cara dan tekniknya bukan berpatokan pada alat dan teknisnya.

Memang terlihat naif, kamu sudah susah-susah mencari kamera terbaik untuk foto produk  tapi malah mendapatkan jawaban bahwa permasalahannya bukan terletak pada kamera. Bahkan kamu bisa mendapatkan foto produk yang bagus hanya dengan bekal kamera smartphone.

Semoga setelah membaca artikel ini, kamu bisa mendapatkan kamera terbaik untuk foto produk versimu sendiri! 🙂

Mau punya foto produk yang keren?
Ngga perlu susah untuk belajar dari awal, foto produk katalog Nagari Studio murah dan bagus kog hasilnya.

“Biarkan kami bantu buat foto produk katalogmu,
biar kamu bisa lebih fokus pada bisnisnya”

Nagari Studio memberikan garansi foto ulang atau 100% uang kembali, artinya kamu bisa order jasa foto produk tanpa ada resiko. Mau? Pelajari halaman garansi Nagari Studio.

Artikel Terbaru

Suka Sama yang Kamu Baca?

Suka Sama yang Kamu Baca?

Bergabung dengan mailing list kami dan dapatkan artikel terupdate seputar kewirausahaan, bisnis, foto produk, dan website (termasuk tips dan triknya lho!). Ngga akan rugi deh!

Yey! Kamu berhasil bergabung dengan mailing list Nagari Studio. Tunggu berita ter-update dari kami.