fbpx
0 items - Rp0,00
 

Kenapa Membuat Website Harus Bayar?

by | Last updated 14 Sep 2018 | Published on 10 Sep 2018 | Website

Website adalah sebuah media visual digital yang biasanya dibuat untuk tujuan promosi secara online. Pada masa sekarang ini website bukan menjadi hal asing, hampir semua orang tau apa itu website dan bagaimana cara aksesnya. Tapi tidak setiap orang tau bagaimana cara membuat website. Ada website yang bisa dibuat secara gratis dan ada juga website yang harus bayar untuk memilikinya. Pada artikel ini kami akan menjawab pertanyaan “Kenapa Membuat Website Harus Bayar?” selain itu kami juga akan menjelaskan manfaat dan keuntungan website berbayar.

Kenapa Membuat Website Harus Bayar?

Website sangat diperlukan pada kegiatan online. Bisnis online, majalah online, surat kabar online, forum online, dan kegiatan seperti download, upload, nonton film online, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Karena kehidupan sekarang sudah masuk ke era digital, kemampuan masyarakat dalam mengakses media digital sangat tinggi. Bagi yang memiliki sebuah usaha, tidak jarang mereka mulai memasarkan produknya secara online baik melalui website atau media sosial.

Pertanyaan yang sering muncul adalah, “Apakah untuk membuat website harus bayar?”, “Adakah cara gratis untuk membuat website?”.

Tentu saja untuk membuat website kamu tidak harus bayar, banyak yang menyediakan website secara gratis. Tentu saja ada perbedaan antara website berbayar dengan website gratis.

Membuat website tidak harus bayar

Siapa bilang buat website harus bayar? Kenyataannya kamu bisa membuat website dengan gratis dan tanpa mengeluarkan uang sama sekali.

kontrak membuat website

Banyak penyedia layanan yang akan memberikan website secara gratis seperti WordPress.com, Wix.com, Blogspot.com, Sirclo.com, Pekku.com, dan masih banyak yang lainnya. Nagari Studio berharap suatu saat nanti kami juga bisa memberikan layanan website gratis, tapi memang hal tersebut memerlukan infrastruktur dan modal yang cukup besar. Doakan ya 🙂

Tentunya membuat website gratis atau berbayar, memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pada sesi ini Nagari akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan membuat website gratis, untuk website berbayar akan dijelaskan dibawah.

Baca juga artikel kami Website Murah dan Bagus, Ada Ngga Sih?

Kelebihan membuat website gratis

  1. Memiliki website tanpa modal
    • Biasanya modal menjadi momok atau masalah utama bagi seseorang yang ingin membuat website. Dengan adanya fasilitas website gratis tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi pengusaha (terutama UKM) karena modal bisa digunakan untuk menambah produksi.
  2. Tidak memikirkan masalah teknis hosting
    • Pengelolaan teknis hosting kadangkala bisa membuat pusing tujuh keliling. Jangankan orang awam, kadang Nagari Studio yang memang kerjaannya bersinggungan langsung dengan hosting masih bisa pusing. Penyedia website gratis seperti WordPress.com, Wix.com, dsb, biasanya akan mengelola hosting untuk kamu sehingga kamu tidak perlu memikirkan permasalahan hosting.
  3. Fokus pada SEO dan marketing
    • Tidak bayar, gratis, dan tidak perlu memikirkan teknis hosting. Tugas kamu hanya fokus pada SEO dan marketing website saja. Tulis konten marketing sebaik mungkin dan sebanyak-banyaknya pada website ditambah dengan teknik SEO sehingga website bisa muncul pada halaman pertama search engine.
  4. Pilihan desain tampilan website banyak tersedia
    • Tampilan desain penyedia website gratis juga sudah tersedia sangat banyak! Menariknya, sebagian besar desainnya pun juga gratis! Konten marketing dan SEO yang baik akan membawa website ke halaman pertama Google. Dengan tampilan website yang bagus, calon konsumen tidak akan ragu untuk melakukan transaksi dengan kamu.

Kekurangan membuat website gratis

  1. Website tidak fleksibel
    • Meskipun gratis, tidak bisa dipungkiri bahwa penyedia layanan tetap memiliki tujuan untuk menjual produk sehingga beberapa layanan akan ditutup dan hanya bisa dinikmati dengan cara membayar website. Biasanya layanan ini adalah fasilitas yang sangat penting pada website. Software premium, desain website premium.
  2. Website tidak bisa digunakan sebagai toko online
    • Benar, website tidak bisa digunakan sebagai toko online. Wix.com menutup fasilitas ini hanya untuk member yang berbayar. WordPress.com memang tidak menyediakan fasilitas ini pada website gratis mereka. Pekku dan Sirclo, fasilitas ini hanya bersifat trial dan pada masanya kamu juga harus merogoh kocek untuk menikamti fasilitas toko online ini. Kenapa bisa begitu? Berarti membuat website harus bayar donk? Tenang, alasan ini akan kami bahas kog. Pelan-pelan dan teruskan membaca ya 🙂
  3. Nama domain website menggunakan domain penyedia layanan
    • Contohnya begini: www.nagaristudio.wix.com, atau www.nagaristudio.pekku.com, www.nagaristudio.mysirclo.com. Perhatikan pada bagian belakang nama domain pasti ada nama domain si penyedia website gratis. Untuk menghilangkan nama domain pemilik bagaimana? Bayar.Hal ini wajar karena, kembali lagi, penyedia website gratis punya tujuan komersial. Memberikan layanan website gratis dan berharap setelah kamu mencoba, kamu menjadi ketagihan, dan akhirnya bersedia untuk membayar.
  4. Tidak ada brand image pada website
    • Karena desain website gratis, artinya kemungkinan akan ada 10.000 orang yang memiliki desain website yang sama persis. Diubah sesuai keinginan juga tidak bisa. Akhirnya tidak ada nilai personality pada websitemu, tidak ada brand image!

Memiliki website gratis memang menyenangkan, selain bisa mempromosikan produk secara online kamu juga tidak perlu mengeluarkan modal (itu yang paling penting kan?).

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan website gratis diatas, ada baiknya kamu juga tau jenis dan posisi website gratis bisa digunakan.

Website gratis sebagai media sosial bukan komersil

Pada dasarnya penyedia website gratis seperti WordPress.com, Blogspot.com, dan Wix.com memberikan layanan secara cuma-cuma agar orang menggunakan fasilitas website gratis tersebut sebagai “BLOG” dan bukan sebagai website komersil.

Raditya Dika, salah seorang komedian terkenal Indonesia dengan bukunya Cinta Brontosaurus dan Marmut Merah Muda, mengawali karirnya secara tidak sengaja karena blog yang dia tulis.

Apa itu blog? Blog adalah website mini sebagai media online yang fungsinya untuk menuliskan keseharian pemilik dan bersifat sosial.

Sebelum ada media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, dll, blog adalah media sosial yang populer digunakan untuk menuliskan opini maupun curahan hati.

Kira-kira pilih website atau sosial media? Baca Media Sosial vs Website, Mana yang Lebih Penting Untuk Bisnis?

 

Keuntungan Membuat Website Berbayar

Sebelum membahas keuntungan membuat website berbayar, ada baiknya jika kamu tau dulu kekurangan membuat website berbayar.

Uang, biaya, modal.

Setidaknya kamu perlu mengeluarkan biaya lebih untuk memiliki sebuah website berbayar. Memang terlihat pahit, tapi seandainya kamu tau sisi manis yang akan kamu dapat mungkin hal ini tidak akan menjadi pahit.

Membeli Website untuk Mendapatkan Brand Image

Sebuah bisnis memerlukan brand image yang terkenal dengan istilah branding. Branding bukan hanya sebatas logo saja, bukan, brand terdiri dari berbagai hal dan salah satunya memang logo. Kalau boleh Nagari Studio ber-opini, brand image adalah ciri khas, personality, yang mudah diingat oleh masyarakat dan konsumen.

Dengan membayar seseorang atau agensi yang bisa membuat website, kamu bisa request untuk membuat website yang sesuai dengan brand image perusahaanmu. Warna, kalimat pesan, jenis huruf, gambar atau foto, dan lain sebagainya.

The True Colors Blue Personality is driven by Intimacy. For the Blue personality type, Intimacy or connecting and creating quality relationships, is what motivates and drives them. They bring great gifts of quality and service and are generally loyal, sincere and thoughtful. truecolorsworkshops

Sebagai contohnya adalah website Nagari Studio. Kami membangun brand image Nagari Studio sebagai studio kreatif yang santai dan tetap mengusung sisi-sisi profesional. Brand image yang kami tonjolkan adalah naga biru lucu yang kami beri nama Nagari. Warna website mengikuti dari icon karakter si Nagari, selain itu warna biru memiliki makna jujur dan memberi yang terbaik.

Dengan membuat website berbayar, kamu bisa memberikan websitemu sebuah warna yang personal, unik dan menjadikannya tidak terlupakan.

Sisi kreatif lain dari developer website

Sebuah agensi website developer pasti dipenuhi oleh orang-orang yang kreatif. Masing-masing memiliki tugas dan tanggungjawab sendiri yang diemban secara profesional. Ada yang bekerja pada code website seperti HTML, CSS, Javascript, PHP, dan sebagainya. Ada yang memiliki tanggung jawab untuk melakukan editing foto dan gambar. Bagian penulisan konten marketing, SEO, dan ilustrator pun ada yang bertanggungjawab sendiri.

Pada saat kamu memutuskan untuk membuat website, mereka semua akan bekerja dan menggali ide-ide kreatif yang kemudian disatukan menjadi sebuah website. Bayangkan jika kamu harus memikirkan itu semua sendiri. Tentunya itu bukan sebuah pekerjaan yang mudah kalau sendirian!

Bukankah akan lebih baik jika kamu berfokus pada strategi pengembangan bisnis, dan orang-orang kreatif itu yang membuat websitemu?

Waktumu adalah uang

Bisnis online memang memerlukan website, tapi yang terpenting itu bisnisnya bukan websitenya. Kamu memang bisa saja membuat website sendiri sehingga akan lebih menghemat uangmu, tapi sadarkah kamu berapa banyak potensi uang yang akan kamu dapatkan jika kamu justru fokus pada bisnismu?

Membuat website memang terlihat mudah. Sama seperti membuat es dawet, sederhana dan resepnya bisa cari di Google. Begitu dicoba buat, rasanya beda dengan yang diharapkan. Seorang tukang es dawet yang sudah bertahun-tahun meracik dawet akan dengan mudah tau resep apa yang kurang.

Sama seperti website developer, mereka akan dengan lebih mudah melakukan permintaan-permintaan desain yang kamu inginkan.

Membuat Website Adalah Sebuah Investasi

Bagi Nagari Studio, website merupakan sebuah bentuk investasi dalam bisnis. Yang lambat laun akan memberikan hasil dan kontribusi pemasukan yang besar jika dipelihara dengan baik. Tidak bisa juga website mendadak ramai oleh pengunjung, perlu kesabaran dan strategi dalam membentuk sebuah market pada website (kecuali kamu membayar iklan di Google Adwords).

Kalau website yang kamu buat memiliki harga yang cukup tinggi, pasti kamu akan menjaga dan merawat websitemu dengan maksimal. Dengan mengeluarkan sejumlah modal, pasti kamu berharap akan ada pengembalian.

Masalahnya, bagaimana jika website itu kamu peroleh dengan gratis atau mungkin biaya yang murah dalam pembuatan? Pada tengah tahun mungkin kamu akan berpikir, website itu ternyata susah dan tidak memberikan kontribusi apapun bagi bisnis. Udah deh, daripada capek toh cuma……..

Hmmm…

Akhir kata

Siapa bilang buat website harus bayar? Ngga juga kog! Sama seperti yang sudah kami jelaskan diatas, banyak penyedia website gratis dan instan. Tapi kembali lagi, penyedia website gratis juga adalah perusahaan besar yang memiliki tujuan komersil jadi kamu tidak akan menikmati fasilitas penuh sesuai dengan harapanmu. Kalau pun kamu harus membuat sendiri websitemu, saran dari kami adalah coba perhitungkan waktu yang akan kamu butuhkan untuk membuat sebuah website dari awal hingga akhir.

Pilihan terbaik memang dengan membeli website dari sebuah agensi website developer walaupun tidak dipungkiri kamu harus menyisihkan uang lagi untuk membuat sebuah website.

Mau lihat fitur website Nagari Studio?
dengan sistem pemeliharaan, keamanan yang terstruktur dan desain yang apik.

“Biarkan kami bantu buat dan urus websitemu,
sehingga kamu bisa lebih fokus pada bisnisnya”

Nagari Studio memberikan garansi 100% uang kembali, artinya kamu bisa punya website tanpa ada resiko. Mau? Pelajari halaman garansi Nagari Studio.

Artikel Terbaru

Tips Foto Produk Toko Online Biar Jualan Makin Laris

Jasa foto produk makin banyak tersedia hal ini karena kebutuhan masyarakat akan jasa foto produk toko online semakin tinggi karena adanya marketplace seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, dll, yang mengharuskan seller memasang foto produk agar dapat berjualan. Lalu apa...

read more
Suka Sama yang Kamu Baca?

Suka Sama yang Kamu Baca?

Bergabung dengan mailing list kami dan dapatkan artikel terupdate seputar kewirausahaan, bisnis, foto produk, dan website (termasuk tips dan triknya lho!). Ngga akan rugi deh!

Yey! Kamu berhasil bergabung dengan mailing list Nagari Studio. Tunggu berita ter-update dari kami.