fbpx
0 items - Rp0,00

Manfaat AMP : Benarkah AMP Berguna untuk Websitemu?

by | Last updated 9 Oct 2018 | Published on 9 Oct 2018 | SEO, Website

AMP (Accelerated Mobile Pages) merupakan sebuah proyek dari Google untuk menyajikan halaman website yang mobile friendly, lebih cepat, dan rendah bandwidth. Banyak sekali sumber yang mengatakan bahwa dengan mengimplementasikan AMP pada website, ranking hasil pencarian akan menjadi lebih baik. Manfaat AMP inilah yang membuat orang ramai-ramai ikut menggunakan AMP.

Namun, tidak semua orang sependapat dan merasa manfaat AMP tidak terlalu signifikan bahkan ada yang merasa AMP tidak bermanfaat sama sekali. Jujur saja, Nagari Studio pernah implementasi AMP namun akhirnya mencabut fungsi AMP pada website kami. Bukan berarti kami menentang AMP, namun AMP tidak akan kami implementasi pada website ini. Tenang, kami akan menjelaskan alasannya kog.

Pada blog ini, kamu akan belajar tentang apa itu AMP, apa manfaat AMP, cara pasang AMP di WordPress, kelemahan AMP, dan cara melepas AMP tanpa berpengaruh pada SEO.

Apa itu AMP?

AMP (Accelerated Mobile Page) adalah sebuah proyek dari Google yang fungsinya untuk menyediakan halaman website yang ramah untuk pengguna smartphone.

Ringan, cepat, kecil penggunaan mobile data, dan tentunya mobile friendly.

Pada tahun 2018, pengguna smartphone untuk membuka website adalah 51,2% statista.com

Lalu apa yang mendasari Google untuk membuat proyek AMP ini? Jawabannya adalah penggunaan smartphone untuk mengakses internet semakin tinggi.

Coba kita lihat statistik yang kami ambil dari website Statista:

Statistic: Mobile internet traffic as percentage of total web traffic in April 2018, by region | Statista

Di Asia sendiri, 65% akses internet adalah dari smartphone.

Bagaimana dengan website Nagari Studio? Kami mendapatkan 49,6% dari desktop (komputer), 49,31% dari smartphone, dan 1,09% dari tablet.

Jadi keputusan Google untuk menyelenggarakan proyek AMP sudah tepat donk! Pengguna smartphone yang semakin bertumbuh bisa dimudahkan dengan adanya fasilitas ini.

Halaman AMP pada Google

Halaman website yang sudah menggunakan AMP akan ditampilkan sedikit berbeda pada hasil pencarian yang dilakukan dari smartphone. Tujuannya agar pengunjung bisa tau mana halaman yang didukung AMP dan mana yang tidak. Dengan begitu Google berharap pengunjung bisa merasakan manfaat AMP dengan maksimal.

Sebagai demo, kami akan tunjukkan hasil pencarian website Nagari Studio:

Halaman website Nagari Studio dengan AMP

Perhatikan pada hasil pencarian yang diberi tanda merah. Terdapat simbol petir yang menandakan halaman website sudah dipercepat dengan AMP dan pengunjung bisa menikmati manfaat AMP.

Apa manfaat AMP?

Menurut kami, manfaat AMP sebenarnya akan sangat dirasakan oleh pengunjung. Jika dijabarkan, beberapa manfaat AMP yang akan dinikmati secara langsung oleh pengunjung website:

  1. Halaman website bisa dibuka dengan cepat.
  2. Informasi lebih cepat diakses.
  3. Halaman website rendah bandwidth.
  4. Paket data lebih hemat jika membuka halaman AMP.

Lalu bagaimana dengan pemilik website? Apakah ada manfaat AMP yang bisa dinikmati pemilik website?

Manfaat AMP bagi pemilik website

Google secara tegas mengatakan: starting in July 2018, page speed will be a ranking factor for mobile searches.

rocket amp website png

Page speed, atau kecepatan load halaman website, menjadi topik yang sudah biasa diperbincangkan. Semakin cepat website, semakin baik. Google kemudian membuat sebuah proyek AMP untuk membuat website dapat diakses dengan lebih cepat.

Nah, bagi kamu pemilik website, ada beberapa manfaat AMP yang bisa kamu nikmati.

Website dapat diakses lebih cepat dengan AMP

AMP akan mempercepat load halaman websitemu. Semakin cepat halaman website, semakin cepat pengunjung bisa mengakses informasi.

Tapi bukankah ini manfaat AMP bagi pengunjung? Tepat! Kamu benar. Tapi jangan salah, pengunjung tidak suka untuk menunggu website yang lambat. Jadi semakin cepat websitemu, semakin senang pengunjung, dan jika informasi yang kamu miliki memang bagus, maka websitemu akan ramai dengan pengunjung.

Keluar sedikit dari pembahasan AMP, meskipun tanpa adanya AMP kecepatan website memiliki pengaruh yang besar.

pengaruh kecepatan website pada penjualan

Sebuah data yang diunggah di halaman blog MOZ mengatakan bahwa situs Amazon.com mengalami kerugian penurunan penjualan sebesar 1,3 juta dollar/tahun jika waktu load website bertambah 0,1 detik.

0,1 detik dan kehilangan 1% penjualan. Wow!

Meningkatkan ranking hasil pencarian di Google

Siapa yang ngga mau muncul dihalaman pertama Google? Semua pemilik website berlomba-lomba untuk dapat muncul dihalaman pertama Google. Bahkan sampai ada jasa SEO untuk membantu agar website bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian Google.

Merujuk pada manfaat AMP yang pertama, website dapat lebih cepat diakses dengan AMP, Google akan mempertimbangkan websitemu untuk bisa masuk pada hasil pencarian di halaman pertama. Seru kan?

Lalu apakah dengan menggunakan AMP lalu bisa langsung masuk ke peringkat pertama Google? Tentu tidak semudah itu. Menurut kami, ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan agar website muncul di halaman utama hasil pencarian:

  1. SEO onsite, (SEO yang diterapkan pada website).
  2. Keywords yang tepat.
  3. SEO outsite (mencari backlink berkualitas).
  4. Page speed (disini kamu bisa merasakan manfaat AMP).
  5. Bounce rate.
  6. 6, 7, 8 dst…. hanya Google yang punya rahasianya.

Selanjutnya, kami akan bahas bagaimana cara pasang AMP di WordPress.

Cara pasang AMP di WordPress

Terdapat 4 plugin AMP populer yang bisa kamu download secara gratis.

1. AMP for WordPress

Download

AMP for WordPress memiliki kontributor WordPress, XWP, Google dan kontributor lain. Memiliki 300.000 instalasi aktif dan 145 review positif.

2. AMP for WP

Download

AMP for WP dibuat oleh Kaludi bersaudara. AMP for WP memiliki lebih banyak review positif, namun memiliki instalasi aktif yang lebih sedikit. 100.000 instalasi aktif dan 680 review positif.

3. Better AMP

Download

Better AMP merupakan pendatang baru yang muncul pada Februari 2018 yang dibuat oleh Better Studio. Memiliki 10.000+ instalasi aktif dan sudah didownload hampir 100.000 orang.

4. WP AMP

Download

Sama seperti Better AMP, WP AMP juga merupakan plugin baru yang dibuat oleh WP AMP Ninja. Terdapat sekitar 3.000+ instalasi aktif.

Kelemahan AMP

Selain manfaat yang dimiliki, AMP juga memiliki beberapa kelemahan. Kelemahan AMP inilah yang mendasari kami untuk mencabut fungsi AMP pada website Nagari Studio.

Beberapa kelemahan AMP:

1. Kehilangan brand style pada website

AMP akan menghilangkan javascript dan CSS pada website dan menggantinya dengan javascript yang disimpan pada CDN Google. Hal ini akan membuat sebagian besar fitur seperti animasi, email subscribe list, push notification, fasilitas chat, dan aplikasi lain yang membutuhkan javascript menghilang pada halaman AMP.

Memang manfaat AMP adalah untuk membuat halaman website menjadi lebih cepat, tapi sisi negatifnya adalah AMP akan membuat halaman website seperti kehilangan identitasnya karena AMP akan menghilangkan semua javascript dan eksternal CSS pada website.

Selain itu, halaman AMP yang disajikan oleh Google bukanlah website asli melainkan replika website yang disimpan pada cache Google. Jadi pengunjung tidak akan melihat domain website yang dikunjungi, melainkan domain Google.

domain pada website amp

Pengunjung tidak akan melihat keunikan pada website yang dibuat karena pada akhirnya semua halaman AMP yang ditampillkan akan memiliki visual yang sama.

Jadi berasa hambar…..

2. Tidak ada kontrol atas desain website

Yup, sama seperti yang sudah disebutkan diatas. AMP akan menghilangkan semua javascript dan eksternal CSS pada website. Hasilnya adalah website akan terlihat membosankan dan tidak ada interkasi yang menarik.

Hal ini bisa diatasi dengan hand-coded AMP (membuat kode-kode secara manual pada halaman AMP) dan membuat AMP dapat menampilkan website dengan desain yang mirip.

Sebagai gambaran, hand-coded website saja sudah mahal apalagi hand-coded AMP? Benarkah kamu mau membuang uang begitu banyak untuk mengikuti trend AMP?

3. Bounce rate yang tinggi pada halaman AMP

Mari kita merujuk pada sebuah perusahaan besar dan terpercaya yang sudah melakukan riset dan perbandingan pada mobile responsive website, standard AMP website dan hand-coded website.

MOZ melakukan riset ini untuk mengetahui bagaimana dampak AMP terhadap interaksi pengunjung.

mobile responsive vs amp

Hasilnya:

bounce rate pada amp

Bounce rate pada halaman AMP naik sangat tinggi dan interkasi pengunjung yang rendah pada website.

4. Penghasilan iklan berkurang

Google akan menghilangkan javascript dari halaman AMP. Iklan Adsense dan publisher lain akan ditampilakan dengan menggunakan javascript. Artinya iklan akan dihilangkan oleh Google.

Kalau kamu pengguna Google Adsense dan pengguna WordPress, kabar baiknya adalah kamu bisa menampilkan iklan melalui 4 plugin yang kami sebutkan diatas.

Kabar buruknya, kamu perlu menjadi premium dan membayar dulu untuk membuka fasilitas itu.

Kalau kamu bukan pengguna Google Adsense dan menggunakan publisher lain untuk menampilkan iklan pada websitemu, maka pada halaman AMP kamu tidak akan melihat iklan itu lagi. Kabar baik untuk pengunjung, mereka tidak akan diganggu oleh iklan.

Kenapa website Nagari Studio tidak AMP?

Kami tidak menggunakan iklan untuk mendapatkan uang, tapi kami menawarkan jasa pembuatan website dan foto produk. Kami menawarkan jasa tersebut pada setiap konten marketing yang kami buat. Alasan nomor 1, 2, dan 3 sudah cukup bagi kami untuk melepaskan AMP pada website Nagari Studio.

Nagari Studio adalah sebuah perusahaan dan perlu untuk membuat brand style, kami ingin membuat halaman website yang menarik dan interaktif bagi pengunjung, dan kami tidak ingin memiliki bounce rate yang tinggi.

Pada halaman AMP, terus terang kami merasa website Nagari Studio menjadi sangat jelek dan tidak enak untuk dibaca.

Kami kehilangan brand style, kami tidak bisa meyakinkan konsumen untuk melakukan kontak, call to action kami menghilang, dan bounce rate kami menjadi sangat tinggi. Kami merasa manfaat AMP bukanlah untuk kami.

amp vs non amp

amp vs non amp tampilan foto

amp vs non amp cta

Jenis website yang tepat untuk AMP

Tidak diragukan kalau memiliki website yang cepat memang menyenangkan, kita semua akan melakukan berbagai macam upaya untuk bisa mempercepat halaman website. Tapi kami rasa cepat bukanlah segalanya.

AMP memang memiliki tujuan yang bagus dan ingin memanjakan pengunjung, tapi daripada terjebak pada trend AMP ada baiknya kamu memperhitungkan hal ini:

  1. Jika websitemu memiliki prioritas pada konversi penjualan dan iklan, mungkin AMP bukanlah solusi terbaik.
  2. Jika websitemu memiliki prioritas kepada jumlah kunjungan yang banyak, mungkin AMP bisa menjadi solusi.

Sebagai benang merah, AMP bukanlah satu-satunya cara untuk mempercepat website. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat website:

  1. Analisa kecepatan websitemu menggunakan tools seperti GTMetrix dan Pingdom. Lihat bagian yang memperlambat website dan coba perbaiki.
  2. Hindari menggunakan shared hosting, memang murah tetapi shared hosting sebenanya memiliki resource kecepatan dan kekuatan server yang sangat kecil.
  3. Compress image sebelum upload ke website, gunakan tools seperti TinyJPG.
  4. Lakukan minify pada html dan CSS (hati-hati pada javascript).
  5. Hindari penggunaan plugin WordPress yang terlalu banyak karena akan membuat website penuh dengan javascript.
  6. Lakukan caching pada website sehingga website bisa disajikan kepada pengunjung dalam bentuk statis dan lebih cepat.
  7. Gunakan CDN.

Bagaimana jika kamu sudah terlanjur memasang fitur AMP, sudah masuk ke index Google pencarian, tapi kamu ingin melepaskan AMP tanpa mempengaruhi SEO yang sudah dirintis dengan susah payah?

Cara melepas AMP tanpa mempengaruhi SEO.

Ingat kamu tidak bisa melepaskan AMP begitu saja dari website karena hal itu akan memunculkan banyak halaman 404.

Semakin banyak halaman error 404 yang ditemukan Google pada websitemu, maka Google akan menganggap websitemu rusak dan tidak akan segan untuk membuang websitemu dari hasil pencarian.

Lalu adakah cara melepas AMP tanpa mempengaruhi SEO? Ada donk! Dan sudah kami praktek kan sendiri. Hasilnya? Halaman website kami masih nongkrong di halaman utama pencarian Google kog!

1. Tambahkan code noindex pada <head> AMP.

Dengan menambahkan code meta noindex:

<meta name=”robots” content=”noindex,follow”/>

Google akan mendapatkan sinyal untuk tidak melakukan index pada halaman tersebut.

Perhatikan! Jangan menuliskan code tersebut pada halaman website utama, lakukan pada halaman AMP.

2. Kirim ulang sitemap ke Google

Kirim ulang sitemap website untuk mempercepat Google melakukan crwaling pada website.

Caranya masuk ke Google Search Console -> Sitemap -> Re-submit

resubmit sitemap ke Google

Atau kamu bisa mengetikkan alamat ini di address bar browser:

http://google.com/ping?sitemap=https://domainkamu.com/sitemap_kamu.xml

Ganti domain dan sitemap dengan milikmu.

3. Tunggu hasil index terbaru dari Google

Tunggu Google melakukan update atas index database mereka.

halaman amp hilang dari index google

Jika kamu menggunakan plugin WordPress, ini adalah saat yang tepat untuk melakukan uninstall plugin AMP.

Akhir kata

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa AMP memiliki nilai positif dan ada beberapa manfaat AMP yang bisa kamu dan pengunjung nikmati. Tapi tidak ada salahnya untuk menganalisa kembali cara kerja AMP dan mempertanyakan ulang apakah dengan menggunakan AMP kamu bisa merasakan manfaat AMP secara penuh?

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dan jika kamu memiliki pandangan dan pendapat lain, jangan ragu untuk menyuarakannya pada kolom komentar dibawah 🙂

Eldo Arfendika Pradana

Eldo Arfendika Pradana

CEO Nagari Studio

Eldo adalah CEO dan pendiri Nagari Studio. Dia adalah seorang yang suka dengan WordPress/Web developer, SEO, dan fotografi. Eldo adalah seorang ayah dan suami yang bahagia, karena memilik seorang anak yang memiliki nama panggilan Fetteh dan istri yang biasa dipanggil Idut.

Mau punya website yang menjual?
Website dengan tampilan yang sesuai dengan brandmu, sistem keamanan yang kuat, dan fasilitas yang mantap.

“Biarkan kami bantu buat websitemu,
biar kamu bisa lebih fokus pada bisnisnya”

Nagari Studio memberikan garansi 100% uang kembali, artinya kamu bisa order pembuatan website tanpa ada resiko. Mau? Pelajari halaman garansi Nagari Studio.

Artikel Terbaru

Kamera Terbaik untuk Foto Produk Katalog

    Memang tidak bisa dipungkiri bahwa bisnis online erat kaitannya dengan foto produk. Foto produk berkualitas memang sangat penting untuk dimiliki. Foto produk katalog yang baik, akan meningkatkan niat beli konsumen karena konsumen tidak harus melihat produk secara...

read more
Suka Sama yang Kamu Baca?

Suka Sama yang Kamu Baca?

Bergabung dengan mailing list kami dan dapatkan artikel terupdate seputar kewirausahaan, bisnis, foto produk, dan website (termasuk tips dan triknya lho!). Ngga akan rugi deh!

Yey! Kamu berhasil bergabung dengan mailing list Nagari Studio. Tunggu berita ter-update dari kami.