fbpx
0 items - Rp0,00

Keuntungan dan Manfaat HTTPS pada Website

by | Last updated 13 Oct 2018 | Published on 12 Sep 2018 | SEO, Website

Ada 2 hal yang menyebabkan kamu membaca artikel ini. 1) Kamu ingin tau apa keuntungan dan manfaat HTTPS untuk websitemu, 2) Kamu penasaran dengan perbedaan HTTPS dan HTTP pada website. Seperti yang kamu lihat bahwa website Nagari Studio menggunakan https:// sebelum alamat domain artinya hubungan website Nagari Studio dengan server sudah aman dan dilindungi. Tau ngga, kalau ada keutungan yang bisa kamu dapatkan kalau menggunakan HTTPS. Lalu apa perbedaan HTTPS dan HTTP pada website? Apa keuntungan dan manfaat HTTPS? Dan apakah HTTPS mempunyai pengaruh terhadap SEO?

Perbedaan HTTPS dan HTTP

Perbedaan HTTPS dan HTTP terletak pada sistem keamanannya. Oh, tunggu dulu, maksudnya keamanan gimana ya? Sebelum itu kamu perlu tau dulu pengertian HTTP supaya penjelasan bisa kamu dapatkan dengan lebih jelas.

Pengertian HTTP

HTTP (Hyper Text Transfer Protokol) adalah protokol standar yang digunakan untuk melakukan tranfer data kode HTML (Hyper Text Markup Language) pada sever dengan browser pengunjung. Selama ini kamu melihat website mungkin dalam bentuk yang menarik, ada gambar, foto, video, bentuk layout website yang beraneka ragam, tapi tahukah kamu kalau sebenarnya website itu hanya berbentuk sebuah kode tulisan saja? Kode tulisan inilah yang dikirim oleh HTTP dari server ke browser pengunjung kemudian browser melakukan rendering sehingga website dapat dilihat secar visual seperti sekarang ini.

bentuk asli website dalam HTML dan CSS
Gambar diatas itu adalah bentuk asli website Nagari Studio, hanya terdiri dari HTML dan CSS. Kode-kode itulah yang dikirim menggunakan protokol HTTP dari server.

Pada website dinamis dan banyak interaksi oleh pengunjung, HTTP tidak hanya mengirimkan data dari server ke browser saja tapi bisa dari browser ke server. Contoh paling mudahnya seperti yang ada di form kontak. Pada saat pengunjung melakukan input, browser akan meminta HTTP untuk mengirimkan paket data dari website ke server untuk disimpan dan diproses oleh server.

alur komunikasi website antara browser dan server
Yang menjadi masalah pada HTTP yaitu protokol ini tidak ada sistem keamanan pada proses transfer datanya. Akibatnya data yang dikirim oleh pengunjung bisa diambil ditengah jalan oleh malware, virus, atau hacker. Begitupun sebaliknya.

Hal inilah yang dihindari pada website keuangan atau website yang penuh dengan data pengunjung atau konsumen. Mereka akan menggunakan protokol dengan sistem keamanan yang bisa disebut sebagai HTTPS.

Keutungan dan manfaat HTTPS dijelaskan dibawah, jadi terusin bacanya ya 🙂

Apa itu HTTPS?

HTTPS (Hyper Text Transfer Protocol Secure) adalah protokol dengan sistem keamanan. Huruf “S” diakhir kata HTTPS mengindikasikan bahwa website secure alias aman. Artinya, pihak luar yang tidak bertanggung jawab tidak akan dengan mudah untuk mendapatkan data ditengah jalan.

Untuk bisa menggunakan HTTPS kamu memerlukan SSL yang bisa didapatkan secara gratis atau sewa.

Hebatnya?

Pada perusahaan penyedia layanan SSL bahkan ada yang memberikan garansi ganti rugi hingga $2.000.000 jika terdapat pencurian data pada website.

Apa itu SSL?

SSL artinya adalah Secure Socket Layer. SSL merupakan teknologi keamanan standar untuk melakukan enkripsi data antara server dan browser (dan sebaliknya). SSL akan memastikan semua data yang terkirim antara server dan browser menjadi rahasia.

Penggunaan SSL tidak akan mengubah bentuk visual website karena SSL bekerja dibelakang layar.

Pada saat menyewa layanan SSL, perusahaan penerbit SSL akan mengeluarkan sertifikat yang berisi nama domain, nama perusahaan, alamat, kota, provinsi, dan negara. Sertifikat SSL juga akan berisi tanggal selesai kontrak dan detil perusahaan yang mengeluarkan sertifikat SSL.

Saat browser melakukan koneksi dengan website yang sudah di enkripsi (ada sertifikat SSL), browser akan mengecek tanggal selesai kontrak sertifikat, detil perusahaan yang mengeluarkan sertifikat dan dipercaya oleh browser, dan apakah memang digunakan oleh domain yang ditunjuk pada sertifikat. Kalau ada salah satu parameter yang gagal, maka browser akan mengeluarkan peringatan ke pengunjung bahwa website tidak aman.

Keuntungan dan Manfaat HTTPS

Ada 2 poin penting keuntungan dan manfaat HTTPS

  1. Memberi keamanan data pengunjung dan konsumen
  2. Memberi efek positif untuk SEO

2 poin diatas adalah keuntungan dan manfaat HTTPS yang utama. Keuntungan lainnya akan dijelaskan kemudian setelah cara mendapatkan HTTPS.

manfaat https

HTTPS memberi keamanan data konsumen

Keutungan dan manfaat HTTPS yang pertama adalah memberikan keamanan data bagi konsumen sehingga konsumen tidak ragu untuk melakukan interkasi pada website seperti membuat akun (data penting username, email dan password, biasanya dipakai berulang kemana-mana), nomor telepon, nama, dan informasi kartu kredit.

Sebuah perusahaan yang baik akan memberikan kenyamanan kepada konsumen untuk mengakses website tanpa rasa was-was. Cyber crime terjadi pada angka yang sangat tinggi, parahnya kita bahkan tidak akan sadar kalau sudah menjadi korban cyber crime. Tiba-tiba aja password email berubah, tagihan kartu kredit bengkak, data penting tersebar luas, dll.

Perbedaan HTTPS dengan HTTP sangat terasa kan? Ingat, konsumen adalah prioritas utama!

HTTPS memberi efek positif untuk SEO

Keuntungan dan manfaat HTTPS yang kedua, Google memberikan prioritas lebih kepada website yang menggunakan SSL.

Security is a top priority for Google. We invest a lot in making sure that our services use industry-leading security, like strong HTTPS encryption by default.

Seperti yang dikatakan Google pada blog resminya, kemanan menjadi prioritas utama bagi Google dan menyediakan website yang memiliki sistem keamanan bagus untuk pengunjung akan mendapatkan perhatian lebih dari Google.

Hei, ini Google sendiri lho yang ngomong. Kalau begitu, kenapa kita ngga nurut aja sama Google dengan cara memberikan sistem kemanan pada website?

Jika kamu sudah punya website dengan HTTPS, kamu bisa cek kualitas keamanannya menggunakan fasilitas dari Qualys Lab.

hasil tes HTTPS website Nagari Studio
Hasil tes keamanan website Nagari Studio mendapatkan grade A. Cmiwww… artinya kamu aman untuk melakukan transaksi di website Nagari Studio.

Cara Mendapatkan HTTPS

Ada 2 cara untuk mendapatkan protokol keamanan ini, berbayar dan gratis.

Pasti kamu udah senyum-senyum lega karena ada yang gratis. Beneran kog, HTTPS gratis dan tanpa syarat. Suerrr…

Yaudah, mari kita bahas yang gratis dulu.

Cara mendapatkan HTTPS gratis

Sertifikat SSL gratis bisa didapatkan dengan menggunakan SSL Let’s Encrypt.

Let’s Encrypt mempunyai misi untuk membuat seluruh website menjadi aman. Jangan salah ini bukan sertifikat SSL ecek-ecek lho, sponsor Let’s Encrypt adalah perusahaan besar seperti Cisco, Google, Mozilla, Facebook, Shopify, dll. Nilai untuk jadi sponsor juga tidak murah, minimal $10.000/tahun – $350.000/tahun! Artinya kamu bisa dapat sertifikat SSL dan HTTPS gratis dari perusahaan yang legal dan didukung oleh perusahaan dunia. Sip kan?!

Sertifikat SSL dari Let’s Encrypt bisa di-install dari perusahaan penyedia hosting yang punya jargon “SSL gratis” dan kami sudah melihat banyak perusahaan hosting di Indonesia menyediakan layanan ini. Tinggal pilih aja.

Kekurangan menggunakan Let’s Encrypt adalah layanan ini tidak memberikan garansi dan ganti rugi jika ternyata SSL bisa ditembus. Maka penggunaan Let’s Encrypt tidak cocok digunakan pada website perusahaan besar, website keuangan atau website bank, dan website hotel.

Membeli sertifikat SSL

Kalau kamu memutuskan untuk membeli sertifikat SSL, kamu akan mendapatkan keuntungan dan manfaat HTTPS lainnya yaitu garansi dan biaya ganti rugi.

Salah satu penyedia sertifikat SSL adalah SSL.com. Biaya ganti rugi yang ditawarkan oleh SSL.com mulai dari $10.000 hingga $2.000.000 jika ternyata SSL bisa ditembus dan bukan karena kesalahan pemilik website (contoh sederhana, password admin pada website dan cpanel yang lemah).

Harga SSL yang paling murah adalah paket basic dengan harga $49/tahun dan ada diskon kalau sewa lebih dari 1 tahun.

Manfaat HTTPS bagi Pengunjung dan Konsumen

Website dibuat untuk konsumen, itu adalah prinsip Nagari Studio. Jadi semua website yang dibuat oleh Nagari Studio berfokus pada pengunjung mulai dari kenyamanan, informasi, fasilitas dan keamanan semua aspek harus membuat pengunjung nyaman dalam mengakses website. Kami harap kamu juga melakukan hal yang sama 🙂

Protokol keamanan sangat penting bagi pengunjung. Dengan adanya protokol keamanan ini pengunjung website tidak akan ada rasa cemas saat menuliskan alamat email atau password pada kolom pendaftaran atau login. Pengunjung juga tidak takut jika ternyata harus menuliskan data kartu kredit mereka pada halaman pembayaran. Kenapa? Karena mereka yakin bahwa website sudah dilindungi oleh protokol keaman standar.

Jika konsumen tidak ada rasa takut dan nyaman saat mereka berinteraksi dengan websitemu, secara tidak langsung keyakinan mereka untuk melakukan transaksi juga akan bertambah. Bukankah ini juga akan memberikan keuntungan untuk perusahaanmu?

Akhir kata

Perbedaan HTTPS dan HTTP adalah pada sistem security-nya (keamanan) tapi ternyata keuntungan dan manfaat HTTPS ternyata sangat besar! Cara mendapatkannya juga tidak sulit, ada yang gratis dan ada yang berbayar. Jadi Nagari Studio sarankan mulai dari sekarang untuk kamu para pemilik website, segera cari sertifikat SSL untuk websitemu supaya konsumen tau kalau websitemu aman dan dapat dipercaya.

Kalau kamu tau manfaat yang lain, jangan ragu-ragu untuk tuliskan komentar kamu pada kotak komentar dibawah ya!

Mau lihat fitur website Nagari Studio?
dengan sistem pemeliharaan, keamanan yang terstruktur dan desain yang apik.

“Biarkan kami bantu buat dan urus websitemu,
sehingga kamu bisa lebih fokus pada bisnisnya”

Nagari Studio memberikan garansi 100% uang kembali, artinya kamu bisa punya website tanpa ada resiko. Mau? Pelajari halaman garansi Nagari Studio.

Artikel Terbaru

Tips Foto Produk Toko Online Biar Jualan Makin Laris

Jasa foto produk makin banyak tersedia hal ini karena kebutuhan masyarakat akan jasa foto produk toko online semakin tinggi karena adanya marketplace seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, dll, yang mengharuskan seller memasang foto produk agar dapat berjualan. Lalu apa...

read more
Suka Sama yang Kamu Baca?

Suka Sama yang Kamu Baca?

Bergabung dengan mailing list kami dan dapatkan artikel terupdate seputar kewirausahaan, bisnis, foto produk, dan website (termasuk tips dan triknya lho!). Ngga akan rugi deh!

Yey! Kamu berhasil bergabung dengan mailing list Nagari Studio. Tunggu berita ter-update dari kami.