fbpx
0 items - Rp0,00

Pentingnya Foto Produk untuk Bisnis

by | Last updated 26 Aug 2018 | Published on 8 Aug 2018 | Bisnis, Foto Produk

Ngomong-ngomong, apa itu foto produk? Apa pentingnya foto produk? Bagaimana cara melakukan foto produk yang benar? Apa foto produk bisa mendongkrak penjualan?

Begini ceritanya………

Nagari sedang asyik membangun usaha baru yang bergerak dibidang industri pakaian. Karena Nagari adalah naga yang gaul, dia membangun usahanya secara online dengan membuat website dan juga sosial media. Oh ya, Nagari juga mendaftar di berbagai marketplace untuk mempercepat pemasaran produk pakaiannya.

Hari berganti minggu, minggu berganti bulan, tapi ternyata penjualan online produk pakaian Nagari tidak begitu bagus. Mulai deh pasang iklan berbayar, iklan sosial media, dan daftar jadi gold seller. Tapi ternyata hasil juga ngga memuaskan!

Nagari kemudian melakukan konsultasi ke beberapa teman pengusahanya, dan beberapa masukan adalah mengenai foto produk.

Foto produk pakaian milik Nagari ngga menarik, jadi orang takut untuk beli!

Apa itu foto produk?

Pengertian foto produk adalah visualisasi sebuah produk kedalam bentuk gambar atau foto. Harus menarik, harus detil, dan warna produk di foto harus 95% sama dengan aslinya.

Tau kah kamu? Konsumen bisa membayangkan produk yang akan mereka beli itu cuma dari foto produk! Jadi kalau foto produknya blur, ya persepsi konsumen juga jadi blur.

Pentingnya Foto Produk

Menurut survey yang dilakukan kepada konsumen online, 90% orang konsumen mengatakan foto produk itu sangat-sangat penting dan jadi faktor penentu dia jadi beli atau tidak.Etsy.com

Etsy, sebagai sebuah marketplace kerajinan terbesar melakukan survey kepada penggunanya untuk mengetahui dasar konsumen melakukan pembelian. Hasilnya, konsumen mengatakan bahwa foto produk adalah hal yang krusial bagi mereka untuk mengambil keputusan beli atau tidak.

Menariknya, foto produk justru lebih penting daripada harga produknya sendiri, ongkos kirim, dan bahkan review!

Survey konsumen oleh Etsy

Etsy melakukan survey kepada konsumen untuk melihat apa yang mendasari konsumen untuk membeli sebuah produk dari website mereka. Hasilnya :

  • Kualitas Foto Produk 90%
  • Harga Produk 83%
  • Ongkos Kirim 76%
  • Hasil Testimonial 73%
  1. 90% konsumen memutuskan jadi beli setelah melihat foto produk yang menarik .
  2. 83% konsumen jadi beli setelah melakukan perbandingan harga.
  3. 76% konsumen melakukan transaksi saat melihat ongkos kirim.
  4. 73% konsumen melakukan transaksi setelah melihat hasil review.

Dengan kata lain, di platform online apapun kamu jualan, mengambil foto produk dengan baik dan benar berbanding lurus dengan keberhasilan kamu. Foto yang jelek bisa menghambat penjualan, tidak peduli sehebat dan sekeren apapun produkmu.

Coba deh bayangin, gimana kalo kamu baru browsing toko online dan ngeliat foto produk yang jelek? Foto yang terlalu gelap, blur, peletakan produk yang sembarangan. Kamu pasti bakalan mikir, “Ini produk apaan sih?”. Mungkin juga kamu bakal bingung ukuran produk aslinya, besar atau kecil, atau kecil banget? Warnanya gimana, bener ngga di foto warnanya sama dengan aslinya?

Mungkin kamu batal untuk melakukan transaksi.

Jadi apa foto produk itu penting? Jelas! Ingat bahwa 90% konsumen mengatakan pentingnya foto produk untuk menggugah minat beli mereka.

Lihat gimana Nagari Studio mengerjakan foto produk

Fakta Pentingnya Foto Produk untuk Bisnis

Bulbul Watches menjadi salah satu contoh website yang mempunyai foto produk yang sangat bagus. Desain minimalis yang memberikan kontras pada foto jam mereka

Bulbul Watches pentingnya foto produk

Manusia membentuk kesan pertama hanya dalam 50 milidetik, yang artinya sekali lirik manusia bisa bilang bagus atau jelek! Dan kesan itu sangat bergantung pada kualitas foto mu.shopify.com

Dengan foto produk yang baik dan benar, konsumen ngga akan segan-segan untuk pencet tombol “BELI” dan transfer uang karena konsumen yakin bahwa mereka membeli produk yang tepat untuk mereka.

Disisi lain, ada penjual (seller) yang tidak memberikan usaha yang cukup untuk menampilkan produk mereka, yang akhirnya menikmati penjualan yang sedikit.

Ada sebuah foto yang diambil dari situs eBay. Coba deh bayangin, foto sebuah kaca mata mahal yang ditampilkan dengan sangat buruk, tanpa diedit, background yang ngga menarik dan pencahayaan yang kurang.

pentingnya foto produk untuk menciptakan persepsi

sumber foto : eBay

Produknya mungkin kita suka, karena jelas mahal, bagus dan brand ternama, tapi dengan foto yang jelek kacamata keren itu mendadak jadi kelihatan murahan dan palsu (alias KW).

Toko Online Beda dengan Toko Fisik

Ngga seperti toko fisik (toko offline) dimana kita bisa pegang-pegang produk yang mau dibeli. Kita bisa tau seperti apa warna, bentuk, tekstur, dan kualitas produk secara instan.

Lha kalo toko online? Senjatanya cuma foto! Begitu foto menarik, konsumen ok, baru deh dibaca deskripsi produknya.

Jadi jangan dibalik, deskripsi panjang dan lengkap tapi foto produk seadanya. Eman-eman kan, padahal produknya udah keren banget!

Mau punya foto produk yang keren?

biar konsumen yakin untuk beli produkmu!

“Biarkan kami bantu ambil foto produkmu,
sehingga kamu bisa lebih fokus pada bisnisnya”

Nagari Studio memberikan garansi foto ulang atau 100% uang kembali, artinya kamu bisa order jasa foto produk tanpa ada resiko. Mau? Pelajari halaman garansi Nagari Studio.

Psikologi Gambar Pada Manusia

Serius! Beneran ini serius! Kalau kamu lihat sebuah gambar sekarang, dibandingkan baca tulisan ini, kamu pasti udah bisa memproses sebuah informasi penting.

Yang lebih seru?!

  • 80% orang mengingat yang mereka lihat
  • 20% ingat apa yang mereka baca
  • 10% orang ingat apa yang mereka dengar

Sebagian besar manusia pasti pernah mengalami : “Eh, gue pernah liat deh orang ini cuma siapa ya namanya?”

Ingat mukanya (lihat) tapi lupa namanya (dengar).

Setuju?

Manusia (tetap dan mungkin selalu) melihat buku dari sampulnya!

Jadi buat sampul bukumu (produkmu) semenarik mungkin, dan buat konsumen mau untuk membaca isi dari buku itu.

Cara mengambil foto produk

Ada 2 cara untuk mengambil foto produk. Ambil foto sendiri atau sewa fotografer.

Baca artikel kami : Cara Foto Produk Furniture

Kelebihan dan kekurangannya pasti ada dikedua sisi.

Untuk kamu yang punya waktu lebih untuk belajar, senang mencoba hal baru, trials and errors, membeli berbagai peralatan fotografi, beli buku edit foto dan berbagai hal lain. Mungkin kamu cocok untuk mengambil foto produkmu sendiri.

Tapi untuk kamu yang ngga punya waktu lebih dan lebih suka untuk fokus pada bisnisnya, kamu lebih cocok untuk pesan foto produk dan menyewa seorang fotografer profesional untuk mengambil foto produkmu.

Kesimpulan

Foto produk sangat penting untuk menggugah minat beli konsumen. Dengan penyajian foto yang menarik, konsumen akan yakin untuk melakukan transaksi.

Menurut survey, 90% konsumen merasa pentingnya foto produk untuk menentukan keputusan beli dan tidak.

Bagaimana pendapatmu? Apa pentingnya foto produk pada sebuah toko online?

Artikel Terbaru

Suka Sama yang Kamu Baca?

Suka Sama yang Kamu Baca?

Bergabung dengan mailing list kami dan dapatkan artikel terupdate seputar kewirausahaan, bisnis, foto produk, dan website (termasuk tips dan triknya lho!). Ngga akan rugi deh!

Yey! Kamu berhasil bergabung dengan mailing list Nagari Studio. Tunggu berita ter-update dari kami.