fbpx
0 items - Rp0,00

Perlukah Website untuk Hotel?

by | Last updated 14 Sep 2018 | Published on 27 Aug 2018 | Website

Jika kamu orang yang suka bepergian pastinya sudah nggak asing lagi dong dengan Airyrooms, Trivago, Traveloka, dll?  Yup! Aplikasi ini ada untuk memudahkan para travelers untuk melakukan booking hotel.

Aplikasi-aplikasi tersebut akan menampilkan berbagi informasi mengenai hotel yang dituju beserta foto-fotonya. Lalu dengan adanya aplikasi tersebut, apakah membuat website untuk hotel masih diperlukan?

Kamu bisa temukan jawabannya hanya disini.

Peran Online Travel Agent bagi Hotel

Online travel agent (selanjutnya akan disingkat menjadi OTA) adalah sebuah layanan business listing yang dimiliki oleh pihak swasta dalam menyediakan informasi seputar hotel dan traveling.

Informasi yang ditampilkan sangat beragam, seperti deskripsi hotel, foto hotel, harga kamar, sistem booking, dan review pengunjung.

Selain itu, Google sebagai search engine memberikan porsi yang besar pada pihak OTA pada posisi pencarian. Biasanya di posisi 1 -5 pada hasil pencarian adalah halaman website OTA.

Pada dasarnya, peran online travel agent bagi bisnis hotel sangat besar dan menguntungkan bagi pemilik hotel.

Jadi apakah masih perlu membuat website untuk hotel, meskipun pihak hotel sudah sangat diuntungkan dengan adanya OTA?

Fungsi Sebuah Website untuk Hotel

Sebagian kalangan berpendapat jika sudah memasukkan hotel ke OTA seperti Traveloka, Trivago, dll maka website untuk hotel sudah tidak diperlukan lagi.

Alasannya adalah, website untuk hotel mahal dan sulit untuk dikelola. Untuk apa harus mengeluarkan uang lebih padahal sudah ada layanan OTA yang akan menampilkan informasi hotel dengan apik dan dengan sistem yang otomatis.

Tapi, tahukah kamu bahwa ada keuntungan memiliki website untuk hotel yang mungkin tidak kamu ketahui!

Personalisasi dan Brand

Bisnis memerlukan identitas, dan identitas pada bisnis yang sudah melekat akan menjadi sebuah brand.

Hotel juga memerlukan sebuah brand yang kental dan dapat dilihat dengan jelas oleh konsumen (dan calon konsumen).

Sebagai contoh, kami ambil gambar website hotel di Bali yang bisa menggambarkan brand image yang kental:

website untuk hotel visesa ubud bali

Website hotel Visesa Ubud diatas dibuat dengan sangat bagus dan menggambarkan bagaimana serunya nginap di hotel Visesa Ubud. Coba bandingkan dengan tampilan pada Booking.com dan Tripadvisor berikut :

Sebaliknya, gambar dari website yang sama yang kami ambil dari OTA sangat kental dengan personalisasi dan brand image dari OTA sendiri (contoh kami ambil dari Booking.com dan Tripadvisor.)

Menjaring Pasar dengan Konten Marketing

Menjaring pasar yang lebih luas dengan konten marketing hanya bisa kamu lakukan jika kamu memiliki website.

Konten marketing tidak bisa dilakukan pada website OTA, dan meskipun pada website OTA terdapat konten marketing tujuannya adalah untuk menjaring konsumen agar melakukan transaksi pada OTA tersebut.

Memang sangat disayangkan banyak pemilik hotel orang yang tidak memperkuat website hotel mereka dengan konten marketing. Sehingga website hanya sekedar website saja, bukan sebuah ruang untuk melakukan transaksi.

Sebagai contoh, Nagari Studio mengetik kata kunci “Destinasi Terbaik di Jogja” pada Google dan hasil pencariannya adalah :

Website hotel baru ditemukan pada halaman ke-3.

Jika dilakukan optimasi lebih baik lagi, bukankah akan sangat menguntungkan bagi pemilik hotel karena ada calon pengunjung yang sedang melakukan pencarian di Google dan akhirnya bisa ter-konversi menjadi konsumen hotel.

Kamu sudah punya sosial media? Baca artikel Nagari yang membahas Media Sosial vs Website, Mana yang Lebih Penting Untuk Bisnis?

Google Sebagai Pasar Baru

Contoh kasusnya seperti ini:

Jono berasal dari Jakarta dan ingin melakukan wisata ke Jogja.

Fasilitas apa yang akan Jono gunakan untuk mengatur rencana perjalanannya dan juga mencari informasi mengenai tempat tujuan wisatanya?

Google!

Jono sudah sampai Jogja, dia ingin tau makanan spesial di Jogja. Kepada siapa dia akan bertanya? 80% Google, 30% warga setempat.

Konsumen seperti Jono jarang sekali ditangkap oleh website hotel. Padahal jika ada hotel yang bisa memberikan konten marketing dengan lengkap dan jelas, kemungkinan konsumen seperti Jono ada yang memutuskan untuk menginap di hotel tersebut.

Wadah untuk Konsumen Loyal

Dengan menggunakan website, kamu bisa memberikan promo-promo spesial yang tidak bisa konsumen dapatkan darimanapun.

Misalnya, diskon 20% jika melakukan booking melalui website.

Atau, jika website hotelmu ada fasilitas news letter maka kamu bisa memberikan kupon diskon tambahan bagi konsumen pada saat mereka menginap di hotelmu.

Banyak hal bisa dilakukan pada website hotel yang bisa menambah loyalitas konsumen kepada hotelmu.

Tahukah kamu?

Bahwa perusahaan OTA juga melakukan hal yang sama melalui aplikasi dan website mereka! Jika mereka melakukan hal itu, kenapa kamu tidak membangun loyalitas konsumenmu sendiri?

Fitur yang Harus Ada pada Website untuk Hotel

Jika kamu berencana untuk memiliki sebuah website untuk hotel, berikut ini adalah beberapa list yang sebaiknya ada pada websitemu:

  1. Fasilitas booking.
  2. Kontak dan lokasi hotel
  3. Deskripsi fasilitas dan layanan hotel
  4. Gallery hotel
  5. Website bilingual
  6. Website dengan desain responsif
  7. Share link ke sosial media

Fasilitas Booking

Fasilitas booking akan memberikan informasi yang jelas kepada konsumen bagaimana sistem booking yang hotelmu miliki.

Selain itu fasilitas booking yang terdapat pada website untuk hotel juga akan mempermudah konsumen dalam melakukan booking kamar hotel.

Fasilitas booking bisa menggunakan sistem yang ditanam pada websitemu atau dengan menggunakan jasa pihak ke-3.

Jika kamu memutuskan untuk menggunakan websitemu sebagai penyimpan database booking online, maka kamu wajib untuk menyediakan keamanan yang sangat baik terutama jika kamu menyediakan cara pembayaran melalui kartu kredit.

Tapi jika kamu memutuskan untuk menggunakan jasa pihak ke-3, kamu bisa melakukan re-direct link ke halaman hotelmu pada OTA. Cara ini memang dirasa lebih aman dan mudah karena OTA sudah memiliki sistem keamanan dan sistem transaksi.

Cara ini Nagari Studio terapkan pada website Hotel Puspo Nugroho. Kami melakukan direct link ke pihak Traveloka untuk melayani booking online oleh konsumen.

website untuk hotel puspo nugroho jogja

Kontak dan Lokasi Hotel

Informasi mengenai kontak dan lokasi hotel adalah sebuah informasi yang harus ada pada website. Hal ini akan mempermudah konsumen untuk datang ke lokasi hotel ataupun hanya untuk sekedar menanyakan fasilitas yang hotel miliki.

Deskripsi Fasilitas dan Layanan Hotel

Tuliskan deskripsi sesuai dengan fasilitas dan layanan yang hotel miliki. Berikan deskripsi dengan jelas dan lengkap, tanpa menutup-nutupi sesuatu.

Jika ada layanan Spa pada hotelmu, kamu bisa menuliskan deskripsi layanan tersebut pada halaman baru sehingga kamu bisa mengekspose dan memberikan informasi lebih yang akan menarik bagi konsumen.

Gallery Hotel

Kemas serba-serbi hotelmu semenarik mungkin mulai dari spot terbaik yang hotelmu miliki.

Misalnya Rooftop garden yang menjadi spot terbaik untuk melakukan foto selfie atau juga bisa digunakan sebagai mini resto. Tak hanya itu, kamu bisa sajikan fasilitas dan layanan yang hotelmu miliki melalui gambar-gambar yang kamu unggah ke dalam websitemu.

Tak bisa dipungkiri lagi kalau pengunjung terkadang mengambil keputusan untuk jadi atau tidaknya memesan kamar hotel setelah melihat foto-foto tersebut.

Website Bilingual

Kalau es teh harganya Rp 2.000, tapi kalau ice tea kamu bisa jual dengan harga Rp 8.000. Heheh.. ini bercanda kog!

Bukan tidak mungkin jika konsumenmu adalah turis asing yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi. Setidaknya kamu harus mempersiapkan websitemu untuk kesempatan ini!

Website dengan multi bahasa akan menjaring konsumen lebih banyak lagi. Percaya deh!

Website dengan Desain Responsif

60% pengunjung website Nagari Studio adalah pengguna smartphone. Untungnya website Nagari Studio memang dioptimasi untuk pengguna smartphone sehingga tampilan website tetap bagus saat dibuka melalui layar yang kecil.

Bukan tidak mungkin jika pengunjung website hotelmu adalah 80% pengguna smartphone.

Iya donk, kan mereka ngga mungkin harus buka laptop atau komputer dulu untuk searching di Google karena kan mereka baru jalan-jalan.

Mau dibuka di komputer ataupun di smartphone, nggak ada masalah dan website hotelmu tetap bisa diakses oleh banyak orang . Dengan responsive design ini, kenyamanan pengunjung tidak mengalami perbedaan meskipun mengakses website melalui komputer maupun smartphone.

Fasilitas Link Sharing Sosial Media

Fasilitas link sharing sosial media juga merupakan fasilitas yang penting bagi website hotel. Konten marketing yang menarik bagi pengunjung website, setidaknya memiliki kesempatan untuk dibagikan ke sosial media oleh pengunjung.

Hal ini akan mempermudah mereka dalam membagikan konten dan ada kesempatan lebih besar lagi untuk mendapatkan pasar yang baru.

Siapa tau ada teman dari konsumen yang menjadi konsumen hotel saat melihat link yang dibagikan dari sosial media.

Keuntungan Memiliki Sebuah Website Untuk Hotel

Menggunakan fasilitas OTA memang menguntungkan, tapi memiliki sebuah website untuk hotel juga ada keuntungan tersendiri!

Secara garis besar, keuntungan memiliki sebuah website untuk hotel adalah:

  1. Brand image yang kental bagi hotel.
  2. Ekspansi pasar.
  3. Memeberikan informasi lebih lengkap bagi calon konsumen.
  4. Dapat melihat data statistik pengunjung website.
  5. Menambah loyalitas konsumen.

Psst.. mau tau kriteria website yang baik? Baca di Kriteria Website yang Baik, 6 Poin Penting Untuk Websitemu

Brand Image yang Kental bagi Hotel

Seperti yang sudah dijelaskan pada fungsi sebuah website untuk hotel diatas, brand image sangat penting bagi sebuah bisnis. Apapun bisnisnya.

Brand image yang sudah melekat pada persepsi konsumen akan sulit untuk diubah, kecuali ada pemicu yang sangat signifikan.

Ekspansi Pasar

Tidak hanya bergantung pada pasar yang dikumpulkan oleh OTA, tapi hotel juga bisa membuat pasar sendiri secara spesifik.

Setidaknya, dengan memiliki konten marketing yang baik banyak pengunjung datang ke website. Beberapa dari pengunjung ada yang menjadi konsumen, tapi beberapa tidak.

Hal itu wajar! Setidaknya melalui website untuk hotel, ada pasar yang bisa diciptakan.

Hotel Bisa Memberikan Informasi Lebih Lengkap

Fasilitas dari OTA berbentuk template. Bagaimana jika hotelmu ingin memberikan informasi yang lebih ke konsumen? Melalui website, hal tersebut bisa diakomodasi.

Semakin banyak informasi yang bisa konsumen terima, semakin lebar kesempatan untuk mendapatkan konsumen.

Konsumen senang akan sebuah informasi!

Hotel Dapat Melihat Statistik Pengunjung Website

Siapa pengunjung website, berapa umurnya, menggunakan smartphone atau komputer, dari mana diakses, jam akses, bahasa pengunjung, dan masih banyak lagi data statistik tentang pengunjung yang bisa kamu dapatkan dari websitemu.

Hal ini bisa kamu dapatkan dengan mengintegrasikan website dan Google Analytics. Kalau mau lebih lengkap lagi, gunakan juga fasilitas statistik dari Facebook Pixel.

Melalui statistik ini, pihak hotel bisa mengolah data dan menentukan strategi marketing yang baru untuk mendapatkan konsumen yang lebih banyak lagi!

Menambah Loyalitas Konsumen

Website untuk hotel juga bisa menambah loyalitas konsumen misalnya dengan cara membership.

Dengan menjadi membership, mungkin harga bisa mendapatkan diskon 10% atau bisa juga dengan cara menginap 5x gratis menginap 1 malam. Semakin baik program yang ada, semakin loyal konsumen terhadap bisnismu.

Berapa Harga Pembuatan Website untuk Hotel?

Harga pembuatan website adalah suatu hal yang relatif. Mau buat website hotel yang murah? Bisa.  Mau yang bagus dengan harga yang sedikit mahal? Juga bisa.

Tentunya harga website yang murah atau mahal memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri.

Baca tulisan Nagari Website Murah dan Bagus, Ada Ngga Sih?

Website Hotel dengan Harga Murah

Website untuk hotel dengan harga murah (bukan murahan ya…) cocok dibuat bagi pemilik hotel budget dan backpacker. Dengan room rate yang tidak mahal tapi tetap memiliki desain yang bagus.

Sebagai contoh, website untuk Hotel Puspo Nugroho Jogjakarta. Website ini buatan Nagari Studio dengan budget yang minimal. Desain website 1 halaman landing page dan mobile optimized.

Jika website diakses melalui smartphone maka pada bagian bawah website akan muncul fasilitas chat melalui WhatsApp.

website hotel murah puspo nugroho jogja

Kelebihan website murah adalah dana yang dibutuhkan tidak besar. Karena Puspo Nugroho Hotel membuat website di Nagari Studio, maka ada kelebihan lain yang didapatkan seperti :

  1. Data backup otomatis dan disimpan selamanya pada server yang aman.
  2. Maintenance free.
  3. Pengarahan secara gratis untuk konten marketing dan SEO.
  4. Sistem kemanan yang kuat, dan seandainya tembus oleh hacker maka backup terakhir yang ada akan menggantikan website lama dan diperbarui kembali sistem kemanannya.

Mau punya website dengan dana minimal juga? Lihat fitur pembuatan website yang Nagari punya.

Oh, ya! Foto Hotel Puspo Nugroho juga diproduksi oleh Nagari lho! Mau tau harganya? Lihat daftar harga foto produk Nagari.

Kendala yang Sering Ditemui dalam Mengelola Website untuk Hotel

Nagari Studio sering menemukan beberapa kendala pada pihak hotel dalam mengelola website. Hal ini sering kali membuat website hanya sekedar website yang tanpa kehidupan.

Konten yang lama sekali tidak dilakukan update, foto yang tidak diupdate, dan berbagai macam hal lain sehingga terkadang konsumen kaget ketika melihat perbedaan antara website dengan hotel yang sebenarnya.

Sumber Daya Manusia

Kendala utama adalah pada sumber daya manusia (SDM). Sebagus apapun website, jika tidak dikelola dengan baik maka hasilnya tidak akan bagus.

SDM yang kuat diperlukan untuk mengelola website sehingga website akan selalu update dengan konten-konten terbaru, ntah berupa artikel ataupun promo.

Beberapa perusahaan bisnis salah mengira bahwa news atau berita adalah sebuah konten yang menjual. No! News adalah news, hanya bersifat pengumuman dan tidak menjual.

Misalnya pada news ada kabar terbaru seperti, “Peresmian Gedung A oleh Direktur X”. Pertanyaannya, siapa orang yang akan mencari hal tersebut pada Google? News tetap perlu ditampilkan pada website untuk hotel, namun jangan disalahartikan menjadi konten marketing.

Tuliskan konten yang akan dicari oleh banyak orang, dan dari tulisan itu buat sesuatu yang akan membuat pengunjung tertarik untuk menjadi konsumen.

Eh… tau ngga kalau website itu perlu dipelihara juga? Berapa biayanya? Baca artikel kami di Berapa biaya pemeliharaan website?

Last Word

OTA (Online Travel Agent) memang memberikan keuntungan dan kemudahan bagi pihak hotel. Bagaimana jika keuntungan itu diperbesar lagi dengan memiliki website untuk hotel? Tentunya akan lebih menarik!

Bagaimana menurut kamu? Yuk, tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar dibawah ini!

Mau punya website untuk hotel?

yang bisa membuka pasar hotel menjadi lebih luas lagi.

“Biarkan kami kerjakan websitemu, sehingga kamu bisa lebih fokus pada bisnisnya”

Artikel Terbaru

Suka Sama yang Kamu Baca?

Suka Sama yang Kamu Baca?

Bergabung dengan mailing list kami dan dapatkan artikel terupdate seputar kewirausahaan, bisnis, foto produk, dan website (termasuk tips dan triknya lho!). Ngga akan rugi deh!

Yey! Kamu berhasil bergabung dengan mailing list Nagari Studio. Tunggu berita ter-update dari kami.