fbpx
0 items - Rp0,00

Tips Foto Produk Toko Online Biar Jualan Makin Laris

by | Last updated 18 Oct 2018 | Published on 15 Oct 2018 | Foto Produk

Jasa foto produk makin banyak tersedia hal ini karena kebutuhan masyarakat akan jasa foto produk toko online semakin tinggi karena adanya marketplace seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, dll, yang mengharuskan seller memasang foto produk agar dapat berjualan. Lalu apa sih pentingnya foto produk? Salah satu seller yang merasa foto produk adalah komponen yang sangat penting untuk jualan online adalah Mas Brian, penjual produk tas import. Nah jika kamu merasa hal itu penting juga, berikut tips foto produk toko online biar jualan makin laris!

Pada artikel ini kamu akan belajar bagaimana tips foto produk toko online dan sekaligus cara untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Sekilas Tentang Foto Produk

Foto produk adalah bentuk visual 2 dimensi sebuah produk yang merepresentasikan produk aslinya baik dari segi bentuk maupun warna. Dulu foto produk digunakan pada brosur dan poster saja, namun karena sudah jaman milenial maka tidak jarang foto digunakan pada website, sosial media, dan marketplace.

Product photography is a branch of commercial photography which is about accurately but attractively representing a productnikonians.org

Yang menjadi tantangan saat melakukan foto produk adalah bagaimana membuat foto dengan produk yang asli mendekati sama dengan tingkat toleransi 90%. Warna, detil produk, bentuk, dan konsistensi. Jangan sampai konsumen merasa kecewa karena ada perbedaan antara foto dengan produk aslinya.

Foto produk untuk toko online adalah foto produk katalog dan bukan foto komersial seperti pada iklan di baliho atau majalah. Foto komersial akan memberikan efek dan editing pada produk sehingga produk akan terlihat sangat menarik. Sedangkan, foto produk katalog adalah foto yang lebih fokus untuk memperlihatkan bentuk asli sebuah produk.

Intinya adalah, konsumen mendapatkan apa yang mereka lihat.



Manfaat Foto Produk untuk Toko Online

Kami pernah memberikan penjelasan secara detil mengenai keuntungan memiliki foto produk untuk bisnis. Kami rasa manfaat untuk toko online dapat lebih dirasakan karena salah satu senjata utama untuk penjualan pada toko online adalah foto produk. Kami juga merasa ada banyak sekali alasan kamu harus memiliki foto yang berkualitas untuk setiap produk yang dijual pada toko online.

Tips pertama kami, jangan asal copy paste dan asal comot foto. Berpikirlah layaknya konsumen, jika kamu menjadi konsumen akankah kamu merasa senang atau kecewa saat melihat produk asli dengan fotonya?

Manfaat utama foto produk untuk toko online:

  1. Meningkatkan minat beli konsumen saat melihat foto produk yang ditampilkan dengan jelas dan bagus.
  2. Menghindari adanya komplain karena perbedaan foto dengan produk aslinya.
  3. Membentuk brand image atau citra yang baik bagi konsumen.
  4. Membangun kepercayaan konsumen terhadap toko online mu.
  5. Jualan makin laris 😀 Yes!

Ngga percaya? Coba deh kamu sebagai konsumen, lihat-lihat marketplace dan ingin beli sesuatu. Apa yang pertama kali dilihat? Rating? Deskripsi produk? Harga? Atau foto produk?

Sebagian besar akan melihat foto dulu, kemudian harga, rating, dan kemudian deskripsi. Atau setidaknya foto akan menempati posisi kedua yang dilihat kemudian.

Tips Foto Produk Toko Online

Begitu buka marketplace kita akan langsung disajikan dengan berbagai macam produk dari seller yang berbeda. Misalnya kita mau cari tas kulit ular, maka bisa saja ada 253 produk yang ditawarkan oleh 57 seller. Terus kita harus pilih yang mana? Nah tips foto produk toko online ini kami bikin biar produk kamu bisa stand out from the crowd!

Pemilihan kamera yang tepat

Sebenarnya kamera seperti apa sih yang tepat untuk digunakan melakukan foto produk? Tentu saja semakin mahal kamera maka akan semakin baik dan semakin jernih foto yang dihasilkan. Kamera CanonEOS  5D Mark IV menjadi kamera yang paling direkomendasikan. Harganya? 49 juta. Wow…

Kalau kamu bukan seorang fotografer profesional, tentu tidak ada gunanya membuang uang puluhan juta seperti itu.

Sebenarnya, pemilihan kamera yang tepat adalah berdasarkan fungsinya. Bahkan, kalau kamera smartphone mu memiliki fungsi yang diperlukan maka tidak ada salahnya menggunakan kamera smartphone mu untuk melakukan foto produk.

Selengkapnya kamu bisa membaca di artikel yang terpisah tentang kamera terbaik untuk foto produk katalog.



Pencahayaan pada produk

The word photography comes from the Greek and means “light writing” (photo = light, graphy = writing)Rick Doble

Fotografi adalah menggambar menggunakan cahaya. Jadi untuk mendapatkan hasil foto yang bagus maka diperlukan sumber cahaya yang bagus juga. Jika sumber cahaya yang kamu miliki tidak cukup bagus, maka hasil foto bisa berbeda dengan produk aslinya. Bisa berbeda warna, blur, dan tidak bisa menampilkan detail produk.

Sumber cahaya yang baik ada 2, cahaya alami (cahaya matahari) dan cahaya buatan (lampu). Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri pastinya.

Cahaya alami keuntungannya adalah gratis, tapi waktu pemotretan tidak bisa dilakukan setiap waktu. Hanya terbatas pada pagi hari hingga sore dimana matahari masih memberikan cahaya yang cukup terang.

Tips, jangan melakukan foto tepat dibawah terik matahari karena hasil foto akan memiliki terlalu banyak kontras. Lakukan pemotretan ditempat yang tidak terkena cahaya secara langsung.

Permasalahan lain adalah pada color temperature yang bisa berubah-ubah dengan sangat cepat sehingga untuk mendapatkan hasil gambar yang maksimal diperlukan sedikit repot dengan selalu mengatur white balance pada kamera secara manual.

Sedangkan pada cahaya buatan kita perlu mengeluarkan uang, bisa beli ataupun sewa, tapi keuntungannya adalah cahaya lebih mudah untuk diatur dan bisa dilakukan pemotretan kapanpun.

Pemilihan latar belakang

Latar belakang juga salah satu komponen yang penting untuk diperhatikan. Ingat, foto produk untuk toko online adalah foto produk katalog dimana kita lebih fokus untuk memperlihatkan detil produk sejelas mungkin kepada konsumen.

Latar belakang yang terlalu ramai justru akan memberikan distraksi kepada fokus konsumen dalam melihat dan memperhatikan foto. Gunakan latar belakang yang polos, warna yang netral adalah warna putih dan hitam.

Perhatikan situs marketplace raksasa seperti Amazon.com. Mereka memberikan syarat kepada seller untuk menggunakan latar belakang putih bersih. Fungsinya? Tentu saja agar detil produk terlihat jelas, dan konsumen mendapatkan apa yang mereka lihat di foto.

Detil, detil, detil

Tips foto produk toko online yang selanjutnya adalah, “Lakukan pemotretan produk secara detil dan menyeluruh.”

Apa tujuannya? Tujuannya adalah untuk memperbesar keyakinan konsumen dalam memilih produk kamu dan memperkecil komplain akibat ketidaksesuaian produk. Dengan memberikan foto produk secara detil konsumen hampir tidak perlu lagi untuk melihat bagian deskripsi lagi, karena 90% informasi mengenai produk sudah diberikan secara visual.

Tips dari Nagari Studio, perhatikan bagian terkecil dari produk kamu dan ambil gambarnya. Konsumen akan merasa senang jika pertanyaan mereka berhasil dijawab sebelum mereka menanyakannya.

Beli Jasa Foto Produk atau Foto Sendiri?

Kalau kamu bertanya kepada kami, Nagari Studio, tentu saja kami akan menjawab lebih baik beli jasa foto produk. Penyedia jasa foto produk adalah orang yang berpengalaman dan juga memiliki alat yang lengkap. Apalagi kalau kamu mau memilih kami sebagai penyedia jasa foto produk untuk kamu…. yey 😀

Tapi untuk kamu yang mau melakukan sendiri, tentu saja itu sangat diperbolehkan! Yang paling penting adalah mau mempelajari ilmu foto produk secara detil dan sering mempraktekkan.

Keuntungan yang bisa kamu peroleh adalah kamu akan memiliki skill foto produk yang handal dan kamu tidak perlu lagi membayar menggunakan jasa foto produk. Namun kamu juga perlu perhitungkan bahwa hal ini memakan banyak waktu dan banyak tenaga. Terkadang ada beberapa prioritas yang harus kamu utamakan.

Jika kamu merasa mengatur manajemen usaha dan toko online mu sebagai prioritas, mungkin saatnya kamu melimpahkan tugas foto produk kepada pihak ke-tiga yang bisa kamu percaya.

Hasil foto produk Nagari Studio

Akhir kata

Foto produk merupakan hal yang sangat penting bagi toko online, bahkan pada marketplace foto produk merupakan salah satu komponen yang tidak boleh disepelekan.

Dengan adanya foto produk yang bagus dan sesuai dengan aslinya, kamu bisa meningkatkan penjualan toko onlinemu. Sesuai dengan manfaat foto produk yang sudah kami sebutkan diatas.

Tips foto produk toko online kami sebaiknya bisa diterapkan semaksimal mungkin, terlepas kamu menyewa jasa foto produk atau melakukan sendiri. Bahkan jika kamu memutuskan untuk menyewa, tips dari kami tadi bisa digunakan sebagai alat kontrol atas kualitas foto yang kamu harapkan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu, dan semoga jualan kamu bisa makin laris! Oh, ya. Jangan lupa untuk menuliskan komentar kamu dibagian kolom komentar dibawah.

Hario Danar

Hario Danar

Content Writer

Hario Danar adalah penulis di blog Nagari Studio. Memiliki latar belakang sebagai seorang sarjana Sastra Inggris dan sekarang Hario Danar melanjutkan pendidikan untuk meraih gelar hukum. Hario pendiam, tidak banyak bicara, namun selalu bekerja dengan memberikan hasil yang terbaik.

Mau punya foto produk yang keren?
Foto produk katalog untuk toko online kamu yang bisa menarik perhatian konsumen.

“Biarkan kami bantu ambil foto produk,
biar kamu bisa lebih fokus pada bisnisnya”

Nagari Studio memberikan garansi 100% uang kembali, artinya kamu bisa order jasa foto produk katalog tanpa ada resiko. Mau? Pelajari halaman garansi Nagari Studio.

Artikel Terbaru

Kamera Terbaik untuk Foto Produk Katalog

    Memang tidak bisa dipungkiri bahwa bisnis online erat kaitannya dengan foto produk. Foto produk berkualitas memang sangat penting untuk dimiliki. Foto produk katalog yang baik, akan meningkatkan niat beli konsumen karena konsumen tidak harus melihat produk secara...

read more
Suka Sama yang Kamu Baca?

Suka Sama yang Kamu Baca?

Bergabung dengan mailing list kami dan dapatkan artikel terupdate seputar kewirausahaan, bisnis, foto produk, dan website (termasuk tips dan triknya lho!). Ngga akan rugi deh!

Yey! Kamu berhasil bergabung dengan mailing list Nagari Studio. Tunggu berita ter-update dari kami.