fbpx
0 items - Rp0,00
 

Website Murah dan Bagus, Ada Ngga Sih?

by | Last updated 8 Sep 2018 | Published on 11 May 2018 | Website

Nagari, si naga biru, baru bingung mencari studio kreatif di Jogja yang bisa buat website murah dan bagus untuk toko online-nya. Dia tanya ke beberapa teman, jawabannya selalu pesimis. Si Nagari lalu searching di Google berharap ada jawaban.

Dari beberapa website yang dikunjungi, Nagari semakin pesimis karena para digital agency menawarkan harga yang mahal untuk website bagus. Sedangkan website dengan harga murah, kualitasnya ngga bagus dari sisi design ataupun fungsionalnya.

Jadi, website murah dan bagus itu ada ngga sih?

Kalo kamu mau mulain bisnis online, jangan lupa baca artikel kami di Cara Memulai Bisnis Online

Berapa harga website sebenarnya?

Website itu sebenarnya adalah perpaduan antara seni dan teknologi. Sebuah karya seni ada yang harganya ratusan ribu, jutaan, bahkan ada yang sampai milyaran rupiah.

Milyaran? Iya, milyaran. Pelukis kaliber seperti Affandi, orang Indonesia nih, bisa jual sebuah karya dengan harga yang fantastis.

Sama seperti website, harga website bisa mahal dan juga bisa murah. Ada website yang di bandrol harga hingga ratusan juta, tapi ada juga website yang harganya 500 ribuan.

Terus apa bedanya, kenapa harga website bisa mahal dan murah gitu?

Oh ya, baca juga tentang Kriteria Website yang Baik, 6 Poin Penting Untuk Websitemu

Komponen penentu harga website

Beberapa komponen yang menentukan harga website:

1. Desain

Sebuah desain menentukan karakter website. Kalau website adalah website perusahaan, artinya desain website akan menentukan karakter sebuah perusahaan.

Dengan desain website yang bagus, menarik dan interaktif, pengunjung yang masuk akan merasakan nilai profesionalisme sebuah perusahaan. Pengunjung merasa nyaman saat masuk kedalam website. Terus kalo website nya ngga menarik? Ya konsumen bisa ragu-ragu untuk melakukan sebuah nilai transaksi. Bukan berarti website yang jelek, perusahaannya ikutan jelek. Tapi website yang ibaratnya kantor virtual saja hanya seadanya dan ngga diperhatikan, bagaimana dengan konsumen?

contoh website jelek

Gimana menurut kamu tentang website diatas?

Desain Website, pilih mahal apa murah?

Bicara soal desain dan harga, kita harus siap untuk menelan pil pahit. Mau keluar duit, atau siap dengan desain seadanya.

Manusia selalu menilai buku dari sampulnya. Sampul sebuah website adalah desain. Desain yang bagus akan memancing rasa penasaran pengunjung untuk terus melihat websitemu. Hal ini akan memancing naiknya penjualan!Nagari Studio

Keuntungan desain website mahal: Desain website mahal udah pasti dibuat dengan apik, dan memperhatikan komposisi warna. Pengaturan tata letak gambar dan tulisan, jenis tulisan, besar dan kecil tulisan agar mudah untuk dibaca. Kemungkinan besar desain yang diberikan adalah desain yang unik dan satu-satunya.

Kalau kamu adalah orang yang perfeksionis dan mementingkan kualitas, desain website yang unik dan memang dibuat khusus untuk kamu adalah pilihan yang tepat.

Eh, liat hasil kerja Nagari Studio yuk di Hasil Kerja Website Rumah Jahit Mimi

Kerugian website mahal: Waktu produksi yang lama, duit yang banyak untuk biaya pembuatan.

Keuntungan desain website murah: Biaya produksi yang murah, berkisar dari 500 ribuan sampai 2 juta. Yah, mungkin kurang lebih lah segitu. Tergantung fasilitas yang diberikan juga. Waktu produksi yang sangat cepat, antara 1-5 hari.

Website jenis ini cocok untuk usaha yang baru mulai, yang istilahnya, “pokoknya punya website dulu” sehingga target konsumen dari manapun bisa melihat katalog dan produk usahamu.

Kerugian desain website murah: Desain website menggunakan template gratis, kelihatan cantik tapi banyak error disana-sini yang mungkin ngga kelihatan. Wajar donk, si pembuat template kan juga perlu uang. Jadi dia mengeluarkan versi yang belum stabil secara gratis, tapi kalau mau yang versi stabil harus bayar.

Template kelihatan cantik, tapi begitu website jadi… lha kog? Pokoknya terima apa adanya (titik).

2. Website responsif

Jaman sekarang masyarakat bisa mengakses website dari mana aja, komputer, laptop, smartphone, smart TV, dan telepati mungkin?

Dari banyaknya jenis perangkat yang dapat mengakses website, berarti website harus bisa menyesuaikan dengan layar masing-masing perangkat donk. Hal ini disebut website responsif karena meskipun dibuka lewat smartphone dengan layar yang lebih kecil daripada komputer website masih enak untuk dibaca. Foto dan gambar masih tersusun dengan rapi. Pokoknya nyaman!

contoh website responsif, website murah dan bagus

Sekarang ini website murah dengan website mahal sudah punya kemampuan untuk website responsif. Template gratis juga bisa! Tapi ya belum stabil, itu aja.

Hasilnya seri untuk sisi website responsif, karena website mahal ataupun murah sama-sama mengusung teknologi ini.

3. Fungsional

Yang dimaksud dengan fungsional itu seperti link, menu, sosial media sharing, video, sinkonisasi website dengan database, dan masih banyak lagi lainnya. Fasilitas website yang diberikan harus dipastikan bisa berfungsi dengan baik.

Fungsional website ini susah untuk dipastikan tidak terjadi error karena ini adalah pekerjaan yang njelimet, repot, dan harus teliti.

Website mahal: Sudah sebuah keharusan kalau website bisa diakses tanpa adanya error. Animasi berjalan dengan baik. Video bisa diputar sebagaimana mestinya. Kalau ada error, si developer pasti siap 24 jam untuk memperbaiki kesalahan.

Website murah: Ketelitian tidak begitu diperhitungkan, mungkin malah tidak diperhatikan sama sekali. Bahkan ada pembuat website yang tega untuk memasang link sosial media mereka di website  konsumen dan iklan dengan dimensi yang besar yang isinya, “Ayo bikin toko online dengan mudah!”.

Website Murah dan Bagus, Ada Ngga?

Ada, tapi mungkin website murah dan bagus akan sangat sulit dicari.

Yang harus kamu sadari, website bisa menjadi murah karena tidak diperlukan nilai seni dalam pengerjaannya. Fasilitas seadanya. Tidak perlu ribet. Pokoknya jadi.

Beli website murah saat kamu sedang memulai sebuah usaha. Beriringan dengan majunya usahamu, kamu wajib ganti dengan website yang lebih bagus.Nagari Studio

Seperti kata pepatah, “Ada uang, ada barang.” Segala sesuatu pasti ada resikonya, jadi kamu tidak berharap terlalu banyak yang akan membuat patah hati (awwww….).

Saat kamu beru saja memulai usaha dan perlu sebuah website, resiko paling rendah adalah dengan membeli website yang murah. Uang bisa untuk modal berputar, masyarakat bisa akses websitemu. Nice deal!

Mau tau ngga Media Sosial vs Website, Mana yang Lebih Penting Untuk Bisnis?

Tapi begitu usaha kamu sudah semakin besar dan maju, jangan biarkan website kamu gitu-gitu aja! Upgrade dan perbaiki kualitas websitemu! Kamu sudah punya cukup uang untuk membeli website yang bagus, kenapa tidak manjakan konsumen dengan tampilan yang menarik. Bukan tidak mungkin akan ada semakin banyak konsumen yang lengket sama produkmu!

Tips Membeli website murah dan bagus

Sedikit tips untuk kamu dalam memebeli website murah dan bagus.

  1. Jangan tergiur dengan harga, ingat, ada harga ada barang.
  2. Cari referensi dan bandingkan.
  3. Lihat portfolio (hasil kerja).
  4. Lihat website si developer/pembuat web, bagus atau ngga. Kalo bagus kemungkinan besar websitemu bakalan bagus meskipun harganya murah.

Kesimpulan

Website murah dan bagus itu ada! Tapi kamu harus pahami bahwa kemungkinan website ngga akan sesuai dengan apa yang kamu bayangkan.

Boleh punya website murah? Boleh! Tapi itupun karena kamu sudah menghitung tingkat resikonya, apalagi kalau usahamu masih baru mulai. Tapi jangan lupa, upgrade seperti yang sudah dibahas diatas.

Mau punya website yang keren?
biar kamu punya mesin yang bisa jualan 24 jam nonstop!

“Biarkan kami bantu buat dan kelola websitemu,
sehingga kamu bisa lebih fokus pada bisnisnya”

Nagari Studio memberikan garansi 100% uang kembali, artinya kamu bisa punya website tanpa ada resiko. Mau? Pelajari halaman garansi Nagari Studio.

Artikel Terbaru

Suka Sama yang Kamu Baca?

Suka Sama yang Kamu Baca?

Bergabung dengan mailing list kami dan dapatkan artikel terupdate seputar kewirausahaan, bisnis, foto produk, dan website (termasuk tips dan triknya lho!). Ngga akan rugi deh!

Yey! Kamu berhasil bergabung dengan mailing list Nagari Studio. Tunggu berita ter-update dari kami.