Yakin Harga Jasa Foto Produk itu Mahal? 5 Hal ini Mungkin Akan Mengubah Pendapat Anda

Jasa foto produk mempunyai peran yang sangat besar bagi perkembangan bisnis online. Tapi, ternyata, tidak sedikit pengusaha online yang mengeluhkan harga jasa foto produk yang mahal. Benarkah harga jasa foto produk sedemikian mahal?
Eldo A Pradana
Diupdate pada 6 Dec 2021
harga jasa foto produk mahal sebagai investasi

Sebagai seorang pebisnis online tentunya Anda akan sering mencari informasi mengenai harga jasa foto produk.

Mau tidak mau, suka atau tidak suka foto produk adalah materi yang akan Anda gunakan dalam melakukan promosi baik di sosial media, website atau marketplace.

Cara yang paling banyak ditempuh dan paling mudah saat ini adalah dengan menggunakan fasilitas mesin pencari, seperti Google.

Cukup ketik kata kunci : harga jasa foto produk, maka sederet hasil pencarian akan ditampilkan. Lalu Anda mulai klik satu-per-satu website yang ada untuk membaca informasi apa yang disediakan. Harga, promosi, layanan, tata cara, dan lain sebagainya.

Tapi, ternyata hasil pencarian yang ada tidak memuaskan bagi Anda. Apa masalahnya? 

Harga.

Banyak pebisnis online yang menyerah menggunakan jasa foto produk karena harganya yang dirasa mahal. Mereka merasa budget untuk melakukan foto produk tidak ada karena bisnis belum mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

muka lucu orang yang tidak kuat angkat beban barbel warna ungu
Hiks.. berat banget harga foto produk yahh… Budget ngga cukup nih

Apa saja yang menentukan harga jasa foto produk?

Jasa foto produk adalah sebuah industri bisnis yang bergerak dibidang jasa. Tentunya, tujuan utama bisnis adalah meraih keuntungan yang besar dengan cost yang serendah-rendahnya.

Begitu pun Anda, dengan bisnis online yang Anda jalani saat ini.

Mahal atau murahnya harga jasa foto produk akan menentukan kualitas foto produk. Sebagai seorang fotografer, ada biaya yang harus dikeluarkan :

  1. Harga kamera yang tidak murah, sekitar Rp 35 juta dan servis serta perbaikan yang harus dilakukan.
  2. Harga kertas background yang 1 lembar kertas mencapai harga Rp 1.500.000 dan harus diganti secara periodik.
  3. Harga lampu flash, sparepart, dan service.
  4. Komputer yang memiliki spesifikasi tinggi agar dapat digunakan secara maksimal saat melakukan editing foto.
  5. Biaya listrik yang tinggi, karena watt komputer dan flash yang tinggi.
  6. Biaya studio dan gudang untuk menampung banyaknya produk yang datang, sekitar Rp 50 juta/tahun.
  7. Software editing dengan biaya Rp 1.500.000 per bulan.
  8. Tenaga kerja seperti fotografer dan editor.

Segala biaya yang dikeluarkan itu kemudian dikonversi menjadi biaya per tahun. Sehingga biaya pokok serta keuntungan dapat dihitung dengan jelas.

Setelah membaca uraian pengeluaran di atas, mungkin Anda akan berpikir:

Saya tidak peduli dengan biaya yang harus kamu keluarkan Nagari Studio!

Hahaha…

Tenang saja, kami tidak akan menjelaskan berapa banyak pengeluaran yang harus kami keluarkan setiap tahunnya atau berapa besar keuntungan yang kami targetkan.

Nope, Anda tidak akan pernah mau mendengarnya.

Daripada memikirkan biaya yang harus Nagari Studio keluarkan untuk membuat 1 foto, akan lebih baik bagi Anda untuk mengetahui beberapa hal yang akan membuat Anda merasa sebenarnya harga jasa foto produk itu murah.

Kami menuliskan 4 alasan kenapa harga jasa foto produk di Indonesia ini sebenarnya sangat… sangat… sangat murah.

5 Alasan harga jasa foto produk itu sebenarnya sangat murah

Jika Anda tidak melihat adanya sebuah keuntungan yang akan Anda dapatkan, apa pun produk atau jasa yang akan Anda beli pasti terlihat mahal.

Tapi, jika Anda bisa melihat adanya keuntungan besar yang bisa Anda dapatkan, tentunya Anda akan berpikir bahwa membeli hal ini adalah keputusan terbaik.

Lalu apa alasan membeli jasa foto produk adalah keputusan yang tepat bagi Anda yang memiliki bisnis online?

1. Foto produk adalah investasi terbaik untuk bisnis online

harga jasa foto produk mahal sebagai investasi
Foto produk bisa menjadi sebuah investasi bisnis

Nah, seru kan kalau Anda tahu ternyata foto produk itu adalah sebuah investasi bisnis!

Tunggu dulu, kenapa foto produk bisa menjadi sebuah investasi?

Berdasarkan penjabaran makna investasi dari Business Dictionary“In economics, investment means creation of capital or goods capable of producing other goods or services.”

Investasi bisnis adalah membeli sebuah produk yang bisa membuat produk atau layanan lain dengan nilai yang lebih tinggi.

Dengan membeli foto produk yang profesional, maka Anda bisa menampilkan foto produk itu di marketplace, sosial media, website, poster, brosur, dan kanal pemasaran lain.

Selain itu Anda juga bisa mengangkat harga produk Anda sedikit lebih tinggi dibanding produk kompetitor lain yang fotonya hanya sekedar copy paste dari Google.

Keuntungan lainnya adalah:

Selain itu foto produk menjadi sebuah investasi bisnis karena sebuah foto yang Anda beli sekali bisa digunakan untuk berkali-kali dan selama-lamanya.

Contoh kasus nih, misalnya dengan foto produk yang pas-pasan Anda bisa menjual 10 produk perminggu. Nah dengan Anda membeli jasa foto produk profesional, maka tampilan produk Anda akan lebih menarik sehingga akhirnya Anda bisa menjual 20 produk perminggu.

Bukankah itu sebuah bisnis yang menguntungkan?

Investment means creation of capital or goods capable of producing other goods or services.

Business Dictionary

2. Harga jasa foto produk menentukan kualitas

Alasan ini sebenarnya adalah pilihan. Jika Anda lebih mengutamakan kualitas, maka Anda tidak akan berpikir panjang masalah harga.

Produk branded dengan produk KW apa bedanya? Harga dan kualitas.

Jadi dengan harga jasa foto produk yang mahal, Anda akan mendapatkan foto produk yang detil, warna produk yang menyerupai aslinya, tampilan produk yang menarik, dan pelayanan yang memuaskan. Sehingga kegiatan bisnismu menjadi lebih mudah, dan Anda bisa menjual produk lebih banyak lagi.

Bagi seorang pebisnis, tentunya hal ini bukan pilihan yang sulit. Kualitas adalah segalanya, kualitas adalah uang, kualitas berarti keuntungan. Yes!

Nagari Studio punya cerita lucu. Dulu kami pernah mendapatkan seorang klien yang menurut kami cukup rewel, kaku, tidak mau tahu, dan merasa konsumen adalah raja.

Jujur saja, pengalaman itu bukan hal yang baik bagi kami dan mungkin saja klien kami itupun merasakan hal yang sama. Bahwa pelayanan Nagari Studio itu buruk. Prasangka kami pun diperkuat karena dia tidak melakukan kontak lagi dalam beberapa bulan.

Tapi, ternyata tiba-tiba si klien itu langsung memberi kabar kalau dia ada kirim produk lagi dan minta untuk difoto. Bahkan sampai sekarang, dia menjadi salah satu konsumen yang paling loyal sama Nagari Studio.

Yap, he is a real businessman. Dia tau siapa yang punya kualitas.

3. Foto produk adalah senjata untuk jualan online dan media promosi

Alasan foto produk sebagai senjata bisnis online ini sudah pernah kami bahas secara lengkap di artikel Pentingnya Foto Produk untuk Bisnis Online.

Kalau yang ini Anda pasti setuju, karena tanpa foto produk konsumen pasti bingung dengan produk yang Anda jual.

Dan kalau foto yang Anda pasang itu kualitasnya buruk, konsumen juga akan kesulitan untuk melihat detil produk yang Anda tawarkan. Hasilnya, konsumen akan melihat produk lain.

pentingnya foto produk hasil foto yang buruk akan membuat produk mahal malah jadi terlihat murahan seperti kacamata kw
Padahal kacamata asli. tapi dengan foto yang buruk malah terkesan kacamata KW

Yang Anda butuhkan adalah foto produk dengan kualitas terbaik sehingga saat konsumen melihat-lihat lapak onlinemu, mereka bisa mencerna informasi yang banyak sehingga tidak ada rasa ragu lagi untuk melakukan pembelian.

4. Anda membeli hak guna foto produk

Saat melakukan fotografi, hasil foto itu akan menjadi hak kekayaan intelektual fotografer sepenuhnya.

orang gendut sedang pegang koper berisi kontrak foto produk

“Hey, tapi itu kan produk saya!”

Memang, tapi siapa yang memproduksi foto dari tidak ada foto menjadi ada foto? Fotografer.

Siapa yang menguras otak untuk mengatur pencahayaan, berimajinasi konsep, dan mengedit foto? Fotografer.

Jadi, hak milik foto produk itu adalah hak milik fotografer dan eksklusif menjadi milik fotografer. Hak milik Anda adalah produk Anda .

Yang bisa menuntut orang lain atas penggunaan foto yang tidak menjadi hak adalah fotografer karena dia memiliki segala bukti bahwa dialah yang menciptakan foto itu. Bukan Anda.

Foto produk merupakan hak cipta dan secara eksklusif adalah milik fotografer. Dan Anda bisa membeli lisensi guna komersil dan hak non-eksklusif atas foto tersebut.

Nagari Studio

Merujuk pada pengertian HKI (Hak Kekayaan Intelektual) yang ditulis oleh UGM dan HKI.co.id

“Hak yang timbul bagi hasil olah pikir yang menghasikan suatu produk atau proses yang berguna untuk manusia”

“Kemampuan seorang kreator untuk mengijinkan atau melarang siapapun memanfaatkan karyanya, khususnya untuk tujuan komersial, adalah esensi utama dari adanya perlindungan Hak Kekayaan Intelektual.”

Kesepakatan harga yang terjadi ini sebenarnya adalah kesepakatan untuk membeli lisensi penggunaan dan kepemilikan non-eksklusif atas foto tersebut.

Informasi lain yang behubungan dengan hak cipta ini bisa Anda akses di http://www.dgip.go.id/pengenalan-hak-cipta and guess what? Fotografi menjadi salah satu item yang dilindungi oleh hak cipta.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published.

Our works

Portfolio Fotografi Kami

Berikut ini sebagian contoh hasil foto produk yang telah kami kerjakan.

Our beloved client

Lebih dari 631 Perusahaan Dalam Negeri Pernah Seru-Seruan dengan Jasa Fotografi Kami

logo Blibli logo honda logo Capung logo Fans logo fitcare logo icad logo love anchor logo nats logo new era logo tinka logo arden logo bonanza
Maksimalkan cara promosi Anda lebih baik lagi dengan foto produk dari Nagari Studio